Breaking News:

Sebanyak 35 Objek Diduga Cagar Budaya di Klaten Dievakuasi ke Monumen Juang

Sebanyak 35 objek diduga cagar budaya (ODCB) yang ditemukan di sejumlah wilayah di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dievakuasi ke Monumen Juang 45 Klaten

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok Disparbudpora Klaten
Tim Disparbudpora Klaten saat melakukan evakuasi ODCB dari pekarangan rumah warga Senin (25/10/2021) lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 35 objek diduga cagar budaya (ODCB) yang ditemukan di sejumlah wilayah di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dievakuasi ke Monumen Juang 45 Klaten.

Pemindahan puluhan ODCB itu dilakukan guna menyelamatkan benda-benda purbakala itu agar tetap terawat.

"Kemarin sudah 35 ODCB yang kita pindahkan dari lahan-lahan masyarakat ke monumen juang 45," ujar Kepala Dinas Pariwisata Budaya dan Pemuda Olahraga (Disparbudpora) Klaten, Sri Nugroho saat TribunJogja.com temui Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Tangkal Hoax dan Politik Uang, KPU DIY Kukuhkan Kader Kelurahan Peduli Pemilu Notoprajan 

Menurut Nugroho, pemindahan ODCB itu selain untuk perawatan juga untuk inventarisasi agar tercatat dan terdata oleh instansi yang ia pimpin.

Kemudian, lanjut dia, kedepannya pihaknya telah memiliki rencana untuk membuat museum yang isinya benda-benda ODCB yang berhasil diselamatkan dari berbagai daerah di Klaten.

"Kami ingin nantinya ODCB yang kita selamatkan itu ditempatkan pada satu gedung dan dijadikan sebagai museum sebagai sarana edukasi bagi generasi muda di klaten," imbuhnya.

Selain itu kata dia, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak Balai Pelestarian Benda cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah terkait pemindahan ODCB yang diduga tidak terawat di Klaten.

Baca juga: LPM UNU Yogyakarta Membuka Pelaksanaan Audit Mutu Internal 2021

"Ini sebagai upaya kita agar wisata di Klaten lebih bervariatif, tidak hananya wisata alam atau wisata tirta, tapi kita juga wisata edukasi," ulasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Disparbudpora Klaten, Yuli Budi Susilowati mengatakan jika pihaknya pada Senin (25/10/2021) kemarin baru saja memindahkan yoni dan nandi dari dua daerah berbeda ke monumen Juang 45 Klaten.

Ia berharap pemindahan itu bisa untuk merawat dan menyelamatkan ODCB tersebut. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved