Breaking News:

BPD DIY Hibahkan Mobil Layanan Pajak ke Pemkab Gunungkidul

Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY menghibahkan satu unit mobil khusus untuk layanan pajak daerah pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Alexander Ermando
Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan Dirut BPD DIY Santoso Rohmad beserta pejabat terkait bersama mobil layanan pajak daerah yang dihibahkan. 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY menghibahkan satu unit mobil khusus untuk layanan pajak daerah pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul.

Serah terima secara resmi berlangsung pada Rabu (27/10/2021).

Direktur Utama BPD DIY, Santoso Rohmad mengatakan hibah mobil tersebut merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR).

"(Mobil) ini jadi bentuk tanggung jawab kami pada masyarakat, terutama di Gunungkidul," kata Santoso usai peresmian di kompleks Taman Budaya Gunungkidul (TBG), Logandeng, Playen.

Baca juga: Sebanyak 137 Siswa di Kota Yogyakarta Akan Menerima Jaminan Pendidikan Covid-19

Ia menilai Gunungkidul memerlukan kendaraan khusus untuk layanan pajak. Sebab wilayah ini memiliki kondisi geografis yang sulit hingga pemukiman yang menyebar.

Guna melengkapi fasilitas mobil layanan pajak daerah, Santoso mengatakan pihaknya juga menyediakan agen-agen layanan perbankan di kalurahan. Caranya menjalin kerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Kami gandeng 10 BUMDes Gunungkidul menjadi mitra kami sebagai agen perbankan," ujarnya.

Santoso mengatakan masyarakat nantinya cukup mendatangi agen terdekat di tempat tinggalnya untuk aktivitas perbankan. Baik pembuatan rekening baru, tarik-setor tunai, transfer, hingga pembayaran utilitas.

BPD DIY pun menerapkan sistem sharing fee dengan para agen BUMDes ini. Contohnya, agen akan mendapatkan fee Rp2.500,00 untuk tiap transaksi, kemudian fee Rp5.00,00 setiap ada rekening baru yang dibuka.

"Sistem ini tentunya akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak," kata Santoso.

Baca juga: Total Ada 31 orang yang Terpapar Covid-19 dari Klaster Takziah di Sedayu Bantul

Menurutnya, cara ini juga menjadi stimulan agar BUMDes mampu menumbuhkan gairah berwirausaha. Pihaknya pun akan memberikan pendampingan tentang manajemen sistem keuangan pada BUMDes ini.

Mewakili warganya, Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyatakan rasa terima kasih pada BPD DIY atas hibah tersebut. Ia menilai kehadiran mobil pajak daerah sangat tepat dengan kebutuhan Gunungkidul.

"Layanan pajak pada masyarakat akan semakin dekat dengan adanya mobil ini karena mampu menjangkau lokasi yang terbilang sulit," ujarnya.

Sunaryanta berharap kehadiran fasilitas tersebut akan mengoptimalkan layanan pajak pada masyarakat. Termasuk membantu mengembangkan BPD DIY sebagai penyedia layanan. (alx)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved