Breaking News:

Disperpa Kota Magelang Dorong Masyarakat Berwirausaha Ikan Hias

Kegiatan ini sebagai wujud komitmen pemerintah dalam meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam berwirausaha perikanan

dok.pemkot Magelang
Pelaksanaan pelatihan live setting aquascape, Senin (25/10/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang memprakarsai pelatihan ikan hias (live setting aquascape).

Kegiatan ini sebagai wujud komitmen pemerintah dalam meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam berwirausaha perikanan.

Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz, berkesempatan membuka kegiatan tersebut di aula Disperpa Kota Magelang, Senin (25/10/2021). 

"Saya harap pelatihan ini dapat menambah wawasan serta meningkatkan motivasi dan keterampilan teknis para peserta dalam mengelola ikan hias atau aquascape di Kota Magelang," ungkap dr Aziz.

Budidaya ikan hias mampu dikembangkan dengan memanfaatkan lahan terbatas seperti pekarangan rumah atau bahkan dengan memanfaatkan sebagian ruangan di dalam rumah yang belum optimal peruntukannya.

Sebagai output pelatihan ini, lanjutnya, diharapkan para peserta dapat menjadi pelaku usaha ikan hias, bukan hanya sebagai peminat atau hobi ikan hias.

"Kami juga berharap agar kegiatan ini mampu memberikan semangat  baru bagi pelaku usaha perikanan yang lokasinya tidak lagi bisa digunakan sebagai lahan budidaya ikan konsumsi, agar terus berkarya di perikanan melalui pengembangan usaha ikan hias ini," tuturnya.

Ia berpesan kepada peserta pelatihan agar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya forum ini untuk menggali ilmu dan wawasan dari narasumber, dan berbagi pengalaman serta memperluas jaringan relasi dengan sesama peserta.

"Kemudian, berupaya menindaklanjuti pelatihan dengan menerapkan di tempat masing-masing dan bersedia menerima arahan dan bimbingan dari dinas," imbuhnya.

Kepala Disperpa Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko, menjelaskan pelatihan ini menjadi starting point, atau menjadi awal penyadaran akan potensi, prospek dan peluang budidaya ikan hias ke depan sesuai dengan kondisi masyarakat.

Pihaknya, pun berharap setelah pelatihan ini para peserta yang awalnya hanya sebagai peminat dan hobi ikan hias, dapat menjadi seorang wirausaha perikanan.

Serta mengembangkan usaha ikan hias dari berbagai segmentasi, sehingga nantinya juga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

"Kondisi masyarakat semakin cerdas dan maju sehingga kebutuhan akan pemenuhan produk ikan hias yang berkualitas dapat diwujudkan," terangnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved