Breaking News:

Berita Pendidikan Hari Ini

Retno Marsudi Cerita Soal Diplomasi RI Memperjuangkan Kesetaraan Akses Vaksin

Tidak mudah bagi Indonesia memenuhi kepentingan rakyat untuk vaksinasi dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Menlu RI Retno Marsudi menyampaikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa baru UGM secara daring dalam kegiatan Orientasi Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana, Jumat (22/10/2021) secara daring. 

TRIBUNJOGJA.COM - Menlu RI Retno Marsudi menyampaikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa baru UGM secara daring dalam kegiatan Orientasi Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana, Jumat (22/10/2021) secara daring.

Alumnus prodi Hubungan Internasional Fisipol UGM ini menyampaikan bahwa selama pandemi kebijakan politik luar negeri RI tidak banyak berubah meski lebih banyak melakukan diplomasi dalam bidang kesehatan dan vaksin.

Meski demikian, dalam situasi dan tantangan apapun, kebijakan politik luar negeri untuk memperjuangkan kepentingan nasional.

“Beberapa isu yang mengemuka politik luar negeri selama pandemi adalah diplomasi kita bidang kesehatan dan vaksin, perlindungan WNI dan mengupayakan stabilitas perdamaian kawasan dan dunia,”katanya.

Baca juga: Bantuan Vaksin Astra Zeneca dari Jepang Buah dari Komunikasi Intensif Kemenlu

Dalam diplomasi kesehatan dan vaksin, Indonesia menurutnya sangat aktif melakukan diplomasi vaksin.

Retno menyampaikan seandainya saat di awal pandemi kita tidak bergerak cepat mencari sumber vaksin akan sulit untuk melakukan vaksinasi bisa mencapai ratusan juta vaksin.  

“Jika tidak bergerak cepat, saya yakin tidak bisa melakukan vaksinasi. Hari ini lebih dari 177 dosis vaksin yang sudah disuntik,” katanya.

Menurutnya dalam situasi kritis kesehatan di awal pandemi, pemerintah menurutnya melakukan upaya keputusan yang cepat dan tepat.

“Semua itu dilakukan dengan menggunakan hitungan yang cukup matang,”paparnya.

Bagi Retno tidak mudah bagi Indonesia memenuhi kepentingan rakyat untuk vaksinasi dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved