Breaking News:

Berita Bantul Hari Ini

Pemkab Bantul Berangkatkan 5 KK ke Sulawesi Barat Melalui Program Transmigrasi

Pemkab Bantul melakukan seleksi dalam program transmigrasi ini, dan mereka yang terpilih adalah 5 KK yang memiliki minat paling tinggi.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Pemkab Bantul menyerahkan uang penghargaan sebesar Rp 10 juta untuk keluarga transmigran yang akan berangkat ke Sulawesi Barat 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 5 kepala keluarga (KK) di Bantul mengikuti program transmigrasi dan akan diberangkatkan ke Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Dalam acara pelepasan transmigran pada Jumat (22/10/2021) kemarin, Plt Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul Istirul Widiastuti mengatakan, 5 KK tersebut terdiri dari 16 orang di mana satu KK masing-masing berasal dari Kapanewon Bantul, Kasihan, dan Srandakan dan dua KK berasal dari Sedayu.

Ia mengungkapkan, program transmigrasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Dan pada tahun ini, sebenarnya total ada 79 KK yang mendaftar untuk ikut program transmigrasi.

Baca juga: Tertunda Karena Pandemi, 20 Keluarga di Bantul Bakal Berangkat Transmigrasi Tahun ini

Lantaran ada refocusing anggaran di tingkat pusat karena Covid-19, maka hanya 5 KK yang diberangkatkan. 

"Kalau tidak kena refocusing seharusnya ada 20 KK dari Bantul yang ikut transmigrasi. Tapi hanya lima KK yang bisa berangkat," ujarnya.

Pihaknya melakukan seleksi dalam program transmigrasi ini, dan mereka yang terpilih adalah 5 KK yang memiliki minat paling tinggi.

Proses seleksi ini juga diperlukan karena menurutnya, untuk membangun daerah transmigrasi butuh perjuangan yang tidak mudah. 

Maka dari itu, sebelum diberangkatkan, para transmigran diberi pelatihan keterampilan yang didapatkan dengan bekerjasama dengan perguruan tinggi.

Pelatihan yang dimaksud antara lain teknik mengolah karet, pertukangan, perikanan, dan pertanian. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved