Breaking News:

Berita Pendidikan Hari Ini

Puluhan Ribu Siswa SMA se-Kabupaten Bantul ikuti Pemilos Online

Sebanyak 31.779 siswa SMA/SMK/MA se-Bantul mengikuti Pemilos yang digelar secara serentak pada Kamis (21/10/2021).

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meluncurkan e-Pemilos pada kamis (21/10/2021) secara daring 

TRIBUNJOGJA.COM - Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melaunching e-Pemilos Tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Bantul secara virtual pada Kamis (21/10/2021) di Gedung Induk, Komplek Parasamya Kabupaten Bantul.

Sebanyak 31.779 siswa SMA/SMK/MA se-Bantul mengikuti Pemilos yang digelar secara serentak pada hari itu.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih melalui tayangan video menyampaikan bahwa dalam kegiatan e-Pemilos terdapat nilai-nilai demokrasi, seperti menghormati pilihan yang berbeda dan memberikan ruang yang sama bagi setiap siswa untuk menggunakan hak pilihnya.

Selain itu, siswa juga dididik untuk menggunakan pertimbangan rasional di dalam melakukan dan menentukan pilihan calon ketua osis.

Baca juga: Sebanyak 90 Sekolah di Bantul Menggelar Pemilihan Osis Secara Online melalui e-Pemilos

"Sehingga kita harapkan dari e-Pemilos ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin muda yang cerdas, berkualitas dan bertanggung jawab yang dapat membawa kemajuan sekolah serta untuk masa depan Bantul yang lebih baik”, harap Bupati Bantul.

Meskipun dilaksanakan secara online, Bupati berharap antusias siswa dalam mengikuti pemilos tetap tinggi.

Hal ini karena pemilos adalah bentuk demokrasi di kalangan siswa utamanya untuk menjalankan prinsip demokrasi yaitu dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa.

Nilai-nilai demokrasi ini yang akan menjadi bekal para siswa yang notabene adalah pemilih pemula ketika suatu saat akan menjadi pemilih dalam Pemilihan umum maupun dalam pemilihan kepala daerah.

Sementara itu, Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menjelaskan bahwa pemilos untuk jenjang Pendidikan menengah ini diikuti oleh 74 sekolah baik SMA/SMK/MA se-Bantul dengan total siswa yang mengikuti sebanyak 31.779 siswa.

Baca juga: Pemilos Daring SMP - SMA di Bantul akan Digelar Serentak pada 13 dan 20 Oktober 2021

Ia mengungkapkan, sebelum pelaksanaan pemilos, telah dilakukan beberapa tahapan Pemilos antara lain pemutakhiran data pemilih, pencalonan serta kampanye di masing-masing sekolah baik secara online maupun tatap muka terbatas.

Didik menambahkan bahwa para siswa SMA/SMK/MA peserta Pemilos ini mempunyai posisi strategis karena pada Pemilu 2024 nanti akan menjadi pemilih pemula.

"Selain aktif sebagai pemilih pemula, para siswa yang sudah mempunyai hak pilih ini kedepannya dapat menjadi penyelenggara pemilu khususnya menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)," ungkapnya.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved