Breaking News:

Pemkab Magelang Beri Penghargaan Krenova untuk Dorong Kreativitas dan Inovasi Masyarakat

Pemerintah Magelang Kabupaten memberikan penghargaan kepada para juara Lomba Kreasi dan Inovasi (Krenova) Kabupaten Magelang Tahun 2021.

dok Pemkab Magelang
Pemberian penghargaan pada pemenang Krenova, Senin (18/10/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Magelang Kabupaten memberikan penghargaan kepada para juara Lomba Kreasi dan Inovasi (Krenova) Kabupaten Magelang Tahun 2021.

Penghargaan tersebut, diberikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto pada Senin (18/10/2021) lalu.

Adi Waryanto mengatakan, lomba Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) merupakan sebuah upaya peningkatan kreativitas di bidang inovasi, di mana masyarakat didorong untuk dapat menciptakan, merekayasa alat atau produk yang mampu mendukung pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Korban Tabrak Lari yang Meninggal di Sleman Merupakan Anak Tunggal, Keluarga Sangat Terpukul

Pengembang kreativitas dan kemampuan inovasi dari masyarakat terbukti telah dapat menghasilkan berbagai produk industri atau rekayasa yang cukup potensial, yang berguna bagi kehidupan masyarakat.

Namun demikian, dalam persaingan pasar global dewasa ini, produk-produk tersebut masih kalah bersaing dengan produk mancanegara.

"Masyarakat perlu didorong agar secara nyata dapat lebih kreatif dan inovatif, agar mampu berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Magelang," katanya, Rabu (20/10/2021).

Berkaitan dengan hal tersebut, Adi menyebutkan bahwa melalui indeks Inovasi Daerah, pemberian penghargaan Innovative Government Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2020 lalu, Pemerintah Kabupaten Magelang berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten Sangat Inovatif.

Sementara para pemenang lomba Krenova Kabupaten Magelang Tahun 2021 antara lain juara 1 diraih oleh Muandim, Payaman, Secang dengan judul Inovasi Aplikasi Digitalisasi Buku C, juara II diraih oleh Rayndra Syahdan Mahmudin Candimulyo dengan judul Sekolah Tani Milenial, juara III diraih oleh Andrian Pramujito Tempuran dengan judul Lapak Pilar PKK Milenial.

Juara harapan I diraih oleh Akhmad Liana Marul Srumbung dengan judul Cybercounceling, juara harapan II diraih oleh Yuni Setyaningsih Candimulyo dengan judul Pengolahan Kelapa Terpadu, dan juara harapan III diraih oleh Afif Ghiyats Wijaya Mertoyudan dengn judul Pemanfaatan Kulit Pisang Kepok Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Pemadam Kebakaran.

Baca juga: Raperda Penanggulangan Covid-19 di DI Yogyakarta Bakal Disahkan Akhir Oktober 2021

Kepala Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, M Taufiq Hidayat Yahya dalam laporannya menjelaskan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya penyerahan hadiah lomba Krenova tahun 2021 adalah untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat kabupaten Magelang.

Adapun kategorinya, baik secara perorangan ataupun kelompok yang mampu menghasilkan inovasi kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kriteria harus masyarakat Kabupaten Magelang, boleh kelompok atau perorangan utamanya dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum non akademisi, serta tidak terkait langsung atau berafiliasi dengan lembaga kelitbangan," pungkasnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved