Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Kena Order Fiktif, Cerita Pedagang di Klaten Rugi Ratusan Ribu

Seorang pedagang mengaku mengalami kerugian hingga Rp 460 ribu akibat ulah pemesan fiktif tersebut.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Sejumlah pedagang kuliner yang kena orderan fiktif saat mengantarkan makanan ke sebuah panti asuhan putri di Klaten, Selasa (19/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Seorang pedagang seblak dan sejumlah pedagang kuliner di Kabupaten Klaten diduga menjadi korban penipuan dengan cara orderan fiktif ke sebuah panti asuhan putri di daerah itu.

Seorang korban bernama Nita Resita (26) menyebut mengalami kerugian hingga Rp 460 ribu akibat ulah pemesan fiktif tersebut.

"Kalau kerugian total Rp 460 ribu termasuk pulsa dan makanan yang sudah dibuat," ujar pedagang seblak asal Kecamatan Kalikotes itu pada awak media Rabu (20/10/2021).

Nita kemudian menceritakan awal mula ia bisa kena order fiktif tersebut, diakui Nita, pada Senin (18/10/2021) malam ia menerima pesanan 30 porsi seblak melalui aplikasi whatsapp oleh seseorang yang mengaku bernama Deni Sumargo.

Baca juga: Pelaku Penipuan Pembelian Berlian Kepada Penumpang Pesawat di YIA Kulon Progo Diamankan Polisi

Puluhan bungkus seblak buatannya itu, diminta untuk diantarkan ke panti asuhan.

Nita tidak menaruh curiga, lantaran saat memesan, seseorang yang mengaku bernama Deni Sumargo itu memesan dengan cara yang sopan dan halus.

"Saya katakan habisnya total Rp 360 ribu, lalu dia kirim bukti transfer sebesar Rp 460 ribu sehingga kelebihan Rp 100 ribu," kata Nita.

Kemudian, Nita memberi tahu pelaku jika uang transfer berlebih dan pelaku meminta lebihnya itu dikirim pulsa ke orang atas nama Danu.

"Danu itu kata dia pengasuh panti asuhan, tapi karena sudah malam saya tidak bisa belikan pulsa. Baru besoknya atau Selasa pagi saya belikan Rp 100 ribu," lanjut Nita.

Namun setelah pulsa terlanjur dibelikan, rekening bank milik Nita tidak juga ada pemberitahuan transfer.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved