Breaking News:

Viral Awan Warna-Warni di Langit Bali, Begini Proses Terjadinya

Peristiwa alam mewarnai hari-hari kita. Mulai dari cuaca, hujan meteor hingga munculnya awan warna-warni.

Editor: ribut raharjo
freepik via Kompas.com
Ilustrasi awan 

TRIBUNJOGJA.COM - Peristiwa alam mewarnai hari-hari kita. Mulai dari cuaca, hujan meteor hingga munculnya awan warna-warni.

Fenomena awan tampak berwarna-warni terjadi di Denpasar.

Peristiwa itu terekam dalam sebuah video dan viral di media sosial pada Senin (18/10/2021).

Kesaksian warga Salah seorang warga di Kota Denpasar, Ni Made Devi Wulandari (28) mengaku melihat awan berwarna-warni dari rumahnya di Jalan Nangka, Denpasar.

Dewi melihat awan tersebut secara jelas sekitar pukul 14.50 Wita. Dia mengaku baru pertama kali melihat fenomena tersebut.

"Tadi terlihat jelas (warna-warni), cuma engga sempat foto, makanya setelah viral di medsos tidak kaget soalnya sudah lihat sendiri," kata dia.

Penjelasan BMKG Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Agus Wahyu Raharjo mengungkapkan, peristiwa itu memang jarang terjadi meski awan berwarna-warni adalah hal yang biasa.

"Fenomena peristiwa alam biasa saja yang terjadi di awan, awan berproses dengan sinar matahari yang intensitasnya ringan sampai sedang, namun memang jarang terjadi," kata Agus saat dihubungi, Senin (18/10/2021).

Bagaimana terbentuknya? Agus menyebutkan, fenomena awan tampak berwarna-warni tersebut disebut cloud iridescence atau irisan.

Proses terbentuknya warna-warni pada awan yang dimaksud sama dengan proses terbentuknya pelangi.

Awan warna itu terbentuk karena adanya difraksi atau pantulan dari sinar matahari yang mengenai tetes air atau kristal es yang sangat kecil dan seragam bentuknya dalam sistem awan.

Hal itu, lanjut Agus, terjadi pada sistem awan yang masih relatif tipis atau baru tumbuh.

Pada kondisi tersebut, umumnya komposisi awan masih didominasi parameter tetes air atau kristal es yang sangat kecil dan seragam bentuknya.

"Jadi proses terbentuknya mirip seperti pelangi, di mana cahaya matahari yang datang akan dibiaskan oleh partikel-partikel tersebut," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fenomena Awan Warna-warni di Denpasar, BMKG: Jarang Terjadi"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved