Breaking News:

Yogyakarta

Penyempunaan Desain Tol Yogyakarta-Bawen Ruas Banyurejo Ditarget Oktober 2021

Percepatan tender konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen seksi 1 ruas Yogyakarta-Simpang Susun Banyurejo terus dilakukan.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
kppip.go.id | Aditya Pradana Putra
ILUSTRASI Tol Bawen-Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Percepatan tender konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen seksi 1 ruas Yogyakarta-Simpang Susun Banyurejo terus dilakukan.

Pihak PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) telah mengadakan konsinyering bersama dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Direktorat Jalan Bebas Hambatan Bina Marga, Kementerian PUPR.

Pertemuan itu guna membahas penyempurnaan penyusunan dokumen Rencana Teknik Akhir (RTA) sebelum melakukan lelang konstruksi di akhir tahun 2021.

Direktur Teknik PT Jasamarga Jogja Bawen Oemi Vierta Moerdika menyampaikan bahwa penyusunan Dokumen RTA seksi 1 saat ini telah mencapai progres 95%. 

Baca juga: Trase Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Pembebasan Lahan Masuk Tiga Wilayah Ini

"Harapan kami dengan konsinyering desain RTA ini, pembahasan desain akan lebih mengerucut serta mendapatkan evaluasi dan masukan dari Kementerian PUPR," katanya, Minggu (17/10/2021).

Oemi menambahkan, atas dasar hasil evaluasi dan masukan dari konsinyering ini tentunya kami akan lakukan penyempurnaan di masing- masing bidang khususnya highway, struktur, geoteknik maupun drainase.

"Setelah semua bidang di evaluasi, tentunya kami akan melakukan penyempurnaan desain agar secara paralel kami juga mulai mempersiapkan proses lelang konstruksi agar bisa berjalan sesuai target," ungkap Oemi.

Sementara, Kepala Bidang Teknik Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ni Komang Rasminiati menyampaikan seluruh pihak sangat mendukung dalam penyelesaian Dokumen RTA, sehingga proses pembangunan konstruksi Jalan Tol Yogyakarta - Bawen dapat dilaksanakan sesuai target. 

"Dalam upaya percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) tentu kami mendukung penuh dan menanggapi secara baik atas hasil yang sudah diselesaikan oleh pihak JJB dan tim konsultan desain RTA ini," ujarnya. 

Baca juga: Pemilik Lahan Terdampak Tol Yogyakarta-Bawen di Sayegan Sudah Musyawarah, Total 436 Bidang

"Tentu ini menjadi awal yang baik dan kami terus akan berkoordinasi untuk penyempurnaan desain dan percepatan konstruksi Jalan Tol Jogja-Bawen ini segera dilaksanakan," tambahnya.

Dari hasil evaluasi desain RTA Jalan Tol Yogyakarta-Bawen seksi 1 ruas Yogyakarta-SS Banyurejo yang dipaparkan oleh tim ahli kepada Kementerian PUPR, ada beberapa aspek yang perlu penyempurnaan terkait dengan Highway, Struktur, Geoteknik dan Drainase.

Secara umum Kementerian PUPR yang diwakili oleh Direktorat Jalan Bebas Hambatan dan Badan Pengatur Jalan Tol menanggapi positif hasil desain RTA Jalan Tol Yogyakarta-Bawen seksi 1 ruas Yogyakarta-SS Banyurejo.  

Penyempurnaan desain RTA tersebut ditargetkan untuk dapat diselesaikan pada akhir bulan Oktober 2021 untuk selanjutnya berproses ke tahapan pleno dan persetujuan.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved