Breaking News:

Berita Kesehatan

Penelitian : Khasiat Terkuat Bawang Putih Terjadi pada 10 Menit Setelah Dicincang

Bawang putih mengandung senyawa Allicin yang bisa membantu merangsang imunitas, mencegah kanker, dan membantu merawat kesehatan jantung

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
www.southernliving.com
ILUSTRASI - Bawang Putih 

TRIBUNJOGJA.COM - Bawang putih telah terbukti memiliki sejumlah kandungan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya bisa membantu meningkat sistem kekebalan tubuh, meminimalisir risiko kanker, membantu memelihara kesehatan jantung, hingga bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Ini dipeoleh salah satunya karena bawang putih memiliki senyawa yang disebut Allicin yang bisa merangsang imunitas tubuh.

Sebagaimana dilansir HealthLine, Allicin adalah senyawa yang berkhasiat dalam membantu meredakan pembengkakan dan menghambat radikal bebas yang merusak sel dan jaringan di dalam tubuh Anda yang pada akhirnya bisa menyebabkan penyakit.

Senyawa Allicin pada Bawang Putih

Allin adalah asam amino yang ditemukan dalam bawang putih segar. Enzim yang disebut alliinase dilepaskan ketika cengkeh terluka atau rusak. Enzim ini mengubah asam amino menjadi allicin.

Senyawa ini adalah salah satu komponen aktif utama bawang putih dan yang memberikan rasa dan aroma yang berbeda.

Allicin murni hanya tetap stabil dalam bawang putih yang baru dihancurkan atau dipotong untuk waktu yang singkat.

Tapi levelnya bisa meningkat jika Anda membiarkannya selama sekitar 10 menit setelah dihancurkan atau dicincang.

Tracey Brigman, pakar makanan dan nutrisi di University of Georgia mengatakan jumlah allicin dalam siung bawang putih mencapai puncaknya 10 menit setelah dipotong dan dihancurkan oleh suhu di atas 140 derajat Fahrenheit.

"Jika Anda ingin menambahkan bawang putih ke makanan panas, tambahkan saat makanan Anda hampir selesai dimasak untuk membatasi penghancuran allicin," kata Brigman.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved