Breaking News:

Pilpres 2024

Partai Golkar Siap Berkoalisi dengan Partai Manapun di Pilpres 2024

Partai berlambang pohon beringin ini mengaku siap untuk berkoalisi dengan partai manapun di Pemilu 2024, termasuk dengan partai-partai pecahan Golkar.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
KOMPAS.COM/ACHMAD FAIZAL
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung (tengah) 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA  – Meski Pilpres masih sekitar tiga tahun lagi, sejumlah partai politik sudah mulai melakukan persiapan untuk mencari kawan koalisi guna bisa mengajukan calon yang ada diusung nanti.

Sejumlah partai politik mulai melakukan pemetaan parpol-parpol yang berpeluang untuk diajak berkoalisi.

Partai Golkar salah satunya.

Partai berlambang pohon beringin ini mengaku siap untuk berkoalisi dengan partai manapun di Pemilu 2024, termasuk dengan partai-partai pecahan Golkar.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia dalam acara virtual Dua Dasawarsa Kemenangan Golkar 2004–2024, Sabtu (16/10/2021).

“(Partai Golkar) Masih sangat terbuka untuk membangun koalisi dengan siapa pun untuk membicarakan pasangan-pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dengan siapa pun,” kata Doli dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com.

Baca juga: PPP Siap Bangun Poros Ketiga di Pilpres 2024

Baca juga: Analis Politik: Anies Wajib Jaga Popularitas dan Elektabilitas jika Ingin Tetap Maju di Pilpres 2024

Menurut dia, apabila Golkar membangun koalisi dengan pecahan Golkar, justru akan lebih mudah dilakukan.

“Jadi sangat mungkin terjadi terbuka dan saya kira akan lebih mudah karena kita sama-sama punya platform yang sama saya kira bisa terjadi,” ucap dia.

Ia menyampaikan, dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, Partai Golkar juga telah banyak melakukan koalisi dengan partai pecahan Golkar.

“Kita juga sudah menunjukan banyak sekali di Pilkada serentak 2020 kita bersama sama dengan partai yang dulu bersama sama dengan kita untuk mengusung pasangan tertentu,” ucap dia.

Adapun, partai pecahan Golkar di antaranya Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), hingga Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). (*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved