Breaking News:

Tips Lepas dari Jeratan Pinjaman Online, Agar Berhenti Gali Lubang Tutup Lubang

Anda harus paham bahwa tidak ada cara instan maupun cara yang ditempuh tanpa pengorbanan jika ingin keluar dari situasi yang sulit tersebut.

Editor: Mona Kriesdinar
pixabay
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Seiring dengan mudahnya mengajukan pinjaman, tak sedikit di antaranya yang kini terjebak dalam jeratan pinjaman online yang menggunung. Semakin lama, pinjaman online itu semakin banyak, lantaran digunakan untuk gali lubang tutup lubang.

Pada akhirnya, Anda akan berada dalam satu titik di mana sudah tak berdaya lagi karena jumlah tanggungan utang yang di luar batas.

Bagaimana caranya keluar dari jeratan pinjaman online ini?

Pertama, Anda harus paham bahwa tidak ada cara instan maupun cara yang ditempuh tanpa pengorbanan jika ingin keluar dari situasi yang sulit tersebut.

Baca juga: Cerita Warga DI Yogyakarta yang Tercekik Pinjaman Online Ilegal, Gali Lubang Tutup Lubang

Ini ibaratnya seperti memilih pilihan buruk dari yang terburuk.

Kedua, setelah Anda terlepas dari utang, kendalikan diri Anda untuk tidak mengambil pinjaman lagi apalagi hanya untuk tujuan konsumtif. Pinjaman boleh dilakukan jika itu ditujukan untuk pengembangan usaha atau untuk modal yang produktif lainnya.

Nah berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk keluar dari jeratan pinjaman online :

1. Manfaatkan pinjaman berbunga lunak

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah melunasi utang online dengan pinjaman berbunga lunak. Anda dapat pergi ke bank atau ke koperasi untuk mengajukan pinjaman tersebut.

Sebelumnya, Anda wajib membandingkan besaran bunga beberapa bank atau koperasi untuk mendapatkan bunga terendah. Kemudian, pilih tenor pembayaran lebih dari satu tahun.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved