Breaking News:

Sekati YK Ing Mal, Cara Pemkot Yogya Bangkitkan Ekonomi UMKM di Masa Pandemi

Pemran 'Sekati YK Ing Mal' digelar di tiga mal secara serentak yakni di Malioboro Mal, Galleria Mal dan Lippo Mal degan diikuti puluhan UMKM

Editor: Mona Kriesdinar
TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi saat meninjau gerai-gerai UMKM dalam agenda 'Sekati YK Ing Mall', di Malioboro Mall, Rabu (13/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemkot Yogyakarta menggelar acara pameran produk UMKM secara serentak di tiga mal sekaligus. Selain digelar dalam rangka pemulihan perekonomian pascapandemi, acara ini juga menjadi penanda kebangkitan perkonomian warga setelah dua tahun berada dalam situasi serba sulit akibat pandemi covid-19.

Adapun pameran itu digelar di Malioboro Mal yang bertema fashion dan craft, Galleria Mal dengan tema anak muda, serta Lippo Mal yang bertema makanan olahan. Pameran yang diikuti oleh puluhan pelaku UMKM ini bisa dikunjungi mulai 13 Oktober hingga 18 Oktober 2021 mendatang.

Menariknya, pameran produk UKM bertajuk 'Sekati YK Ing Mal' ini mengusung nilai-nilai modern dan tradisional.

Nilai tradisioal itu diambil dari unsur-unsur sebagaimana yang terdapat dalam Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) yang biasa digelar di Alun-alun Keraton Yogyakarta. Sementara nilai modern, diwakili oleh tempat penyelenggaraan pameran yakni berada di pusat perbelanjaan modern. Dengan demikian, nuansa tradisional itulah yang mecoba dibawa ke Mal untuk memberikan suasana yang khas dan berbeda dari pameran-pameran lainnya.

"Mudah-mudahan, ini menjadi awal yang bagus. Harapan besar saya, 'Sekati YK Ing Mall' bisa mengawali dimulainya kebangkitan ekonomi di Yogyakarta," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Senada, Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menambahkan bahwa UMKM memang didorong agar kembali eksis secara offline, setelah hampir dua tahun lamanya, terdampak pandemi.

Terlebih momentumnya pun tepat, karena berdekatan dengan perayaan HUT Kota, maupun Sekaten.

"Kemudian, kita memilih mall jadi venue, karena semuanya sudah terverifikasi CHSE, PedulLindungi ada, dan prokes ketat. Jadi, tidak perlu energi ekstra," katanya.

Dalam kesempatan itu, Pemkot pun memastikan, 'Sekati YK Ing Mall' bakal menjadi kegiatan rutin, yang digelar setiap tahun menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad, selaras dengan Sekaten yang digulirkan Kraton.

"Jadi, kita ikut memeriahkan Sekaten di Kraton melalui gelaran ini. Ke depannya nanti saya harapkan juga jajanan-jajanan khas Sekaten bisa dimunculkan di sini, karena itu menjadi daya tarik tersendiri," ujar Heroe. (Aka/Mon/TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved