Breaking News:

Karang Taruna Kabupaten Bantul Berinovasi dengan Mendesain Batik Sawo Kecik

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meluncurkan Batik Sawo Kecik Karang Taruna Kabupaten Bantul, Kamis (14/10/2021).

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meluncurkan Batik Sawo Kecik Karang Taruna Kabupaten Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meluncurkan Batik Sawo Kecik Karang Taruna Kabupaten Bantul, Kamis (14/10/2021).

Ke depannya, desain ini akan menjadi seragam dan ciri khas dari Karang Taruna Kabupaten Bantul.  

Nur Kholis, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bantul mengungkapkan bahwa sejak akhir 2019, Karang Taruna Kabupaten Bantul mulai merintis suatu inovasi terkait dengan identitas karang taruna.

Baca juga: Cerita Pesilat DIY, Firdhana Wahyu Putra saat Bertanding di Partai Final PON XX Papua

"Anggota kami ada yang memiliki keahlian membatik dan kemudian mendesain batik Karang Taruna Kabupaten Bantul hingga saat ini terciptalah Batik Sawo Kecik," ujarnya.  

Karang Taruna Kabupaten Bantul mengkreasikan Batik Sawo Kecik sebagai identitas yang lekat dengan karakter Kabupaten Bantul. Langkah ini dilakukan untuk mendorong semangat dan kebanggaan pemuda dalam melestarikan budaya bangsa serta menghargai dan mengapresiasi sebuah karya seni.

Nur Kholis juga mengungkapkan bahwa Batik Sawo Kecik juga merupakan sebuah seragam Karang Taruna Kabupaten yang pertama di Indonesia dan telah memiliki hak cipta HaKi (Hak atas Kekayaan Intelektual) dan Keputusan Bupati.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Karang Taruna Kabupaten Bantul yang telah melahirkan Batik Sawo Kecik Karang Taruna Kabupaten Bantul yang sangat penuh makna.

Menurut Bupati, pohon sawo kecik merupakan flora Kabupaten Bantul yang telah ditetapkan berdasarkan keputusan Bupati Bantul nomor 567 tahun 1998.

"Pohon sawo kecik memiliki arti filosofi 'sarwo becik' atau serba dalam kebaikan, sama halnya dengan Karang Taruna bahwa dalam melaksanakan program dan pengabdian kepada masyarakat selalu didasarkan kebaikan terhadap orang lain," ujarnya.

Baca juga: Kota Magelang Terima Piagam WTP atas Laporan Keuangan Tahun 2020

Bupati berharap Batik Sawo Kecik dapat memperkuat kembali citra batik di Kabupaten Bantul sesuai dengan ciri kekhasannya yang harus tetap dipertahankan dan dijaga kelestariannya. Karena menurutnya, batik merupakan warisan budaya yang wajib dilestarikan oleh masyarakat indonesia terutama Kabupaten Bantul.

"Selain untuk ikon Karang Taruna Kabupaten Bantul, dengan kehadiran Batik Sawo Kecik Karang Taruna Kabupaten Bantul ini, saya berharap akan mengangkat perekonomian masyarakat dan pengrajin batik khususnya di Kabupaten Bantul," tandasnya. (nto) 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved