Breaking News:

ADVERTORIAL

Jelang HUT ke-70, Pemkab Kulon Progo Dianugerahi Penghargaan Opini WTP 8 Kali Berturut-turut

Penghargaan tersebut diberikan atas kinerjanya dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Diskominfo Kulon Progo
Bupati Kulon Progo, Sutedjo menerima langsung penghargaan opini WTP dari Kepala Kanwil DJPB DIY, Arif Wibawa, Kamis (14/10/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo turut berbangga.

Sebab, menjelang hari ulang tahun (HUT) ke-70 yang diperingati pada 15 Oktober 2021, Kulon Progo kembali dianugerahi penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) delapan kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan. 

Penghargaan tersebut diberikan atas kinerjanya dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020.

Adapun penghargaan diterima langsung oleh Bupati Kulon Progo, Sutedjo di Ruang Menoreh, Kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (14/10/2021). 

Baca juga: Pemkab Kulon Progo Raih Opini WTP Delapan Kali Berturut-turut

Kepala Kanwil DJPb DIY, Arif Wibawa menjelaskan opini WTP merupakan predikat yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kepada daerah yang berhasil melaporkan kinerja keuangan tahunan dengan tertib dan baik. 

Apalagi Pemkab Kulon Progo sudah mengelolanya secara akuntabel nasional. 

Ke depannya, diharapkan Kulon Progo dapat meraih penghargaan serupa hingga kesepuluh kalinya.

"Harapannya kalau sudah meraih penghargaan kesepuluh kali, menurut menteri kabupaten itu benar-benar sudah ideal dalam rangka melaporkan keuangannya," kata Arif. 

Sementara itu, Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyampaikan terimakasih kepada jajarannya di semua organisasi perangkat daerah (OPD). 

Baca juga: Pemkab Kulon Progo Dorong Vaksinasi Secara Door to Door

Karena mereka telah bekerja keras, tertib dan menaati semua peraturan perundang-undangan sehingga dari pemeriksaan BPK hasilnya baik. 

"Harapan kami agar terus meraih penghargaan opini WTP, Pemkab Kulon Progo akan mengoptimalkan kinerja ke depannya," ucapnya. 

Setiap triwulan sekali, pihaknya menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk mengevaluasi kinerja OPD dengan memberikan nilai capaian kinerja secara terbuka. 

Penilaiannya meliputi sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. 

Selain itu, Sutedjo juga berharap kerjasama antara Kanwil DJPb DIY dan Pemkab Kulon Progo terus terjalin dalam memberikan pendampingan sehingga tata kelola keuangan lebih baik lagi. ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved