Breaking News:

Jawa

Jalur Kena Geser, Satu Kompleks Pemakaman di Kahuman Klaten Batal Diterjang Tol Yogyakarta-Solo

Satu kompleks makam di Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah batal diterjang pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Penampakan patok tol Yogyakarta-Solo di Kecamatan Polanharjo beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Satu kompleks makam di Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah batal diterjang pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo.

Sedianya, satu kompleks pemakaman di desa itu bakal digilas oleh proyek Trans Jawa itu.

Namun, setelah dilakukan koordinasi akhirnya jalur tol di geser sehingga tidak jadi mengenai kompleks pemakaman tersebut.

Kepala Desa Kahuman, Ida Andung Prihatin mengatakan untuk desa yang ia pimpin terdapat 125 bidang tanah yang diterjang oleh jalan Tol Yogyakarta-Solo.

Baca juga: Trase Tol Yogyakarta-Solo Melayang di Atas Yoni Langka Berkepala Kura-kura

"Rata-rata semua bidang milik warga yang kena tol sudah cair uang ganti ruginya. Di sini ada 125 tanah yang kena termasuk tanah kas desa," ucapnya pada Tribunjogja.com, Kamis (14/10/2021).

Menurutnya, untuk tanah kas desa (TKD) yang diterjang tol di desa itu hampir seluas 38.000 yang tersebar di 19 bidang tanah.

"Untuk Polanharjo memang di desa kita paling banyak tanah kas desanya kena. Nilai UGR tanah kas desa yang kita terima sekitar Rp13 miliar," ucapnya.

Untuk TKD pengganti, lanjut dia pihaknya sudah melakukan pengajuan proses penggantian dan sudah diajukan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten.

"Saat ini sudah proses, kita dapat pengganti sebagian ada yang di luar Desa Kahuman sekitar 6 bidang sisanya masih di dalam bidang," ucapnya.

Menurutnya, sebagian besar tanah yang digilas proyek strategis nasional di desa itu berupa lahan persawahan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved