Breaking News:

Gelombang Ketiga Covid-19 Dimungkinkan Terjadi, Ini Kata Rektor Universitas Alma Ata

Meski angka penularan Covid-19 sudah turun secara signifikan di berbagai daerah termasuk DI Yogyakarta, namun saat ini kembali bermunculan klaster

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Santo Ari
Rektor Universitas Alma Ata, Hamam Hadi 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Meski angka penularan Covid-19 sudah turun secara signifikan di berbagai daerah termasuk DI Yogyakarta, namun saat ini kembali bermunculan klaster-klaster baru.

Ketika semua tetap abai dalam menjalankan protokol kesehatan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi gelombang ketiga lonjakan penularan Covid-19.

Hal itu diungkapkan, Rektor Universitas Alma Ata (UAA), Hamam Hadi di sela-sela Konferensi Internasional, The 3rd Asia-Pasific Partnership on Health and Nutrition Improvement (APHNI) 2021, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Sasar Masyarakat dan Pelajar, Binda DIY Gelar Vaksinasi Covid-19 di SMK N 2 Depok

Hamam menyatakan bahwa saat ini secara global kondisi pandemi sudah dalam keadaan membaik, termasuk di Indonesia penularan Covid-19 per hari hanya mencapai 1.500-an kasus. Angka ini jauh lebih sedikit dibanding saat bulan Juli-Agustus kemarin.

"Kita bersyukur jajaran pemerintah bisa mengendalikan pandemi ini.

Di Jogja kasusnya 30-50an per hari.

Kalau dari Juli-Agustus ada penurunan yang signifikan, bahkan ada yang sampai 2600 dalam satu hari. Dan sekarang bisa di bawah 50 kasus adalah prestasi.

Tapi di awal pandemi Covid-19 hanya 10-15 per hari, berarti sekarang juga masih terbilang tinggi," ujarnya.

Dengan kondisi saat ini, Hamam menyatakan bahwa gelombang ketiga itu dimungkinkan akan terjadi. Namun demikian, angka tersebut diprediksi tidak jauh lebih besar dari pada gelombang kedua.

"Probabilitas itu akan makin kecil dan terus lebih kecil lagi ketika angka capaian vaksin terus naik," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved