Breaking News:

Dinsos DIY Berikan Bantuan Melalui Program Bedah Kamar Lansia

Dinas Sosial (Dinsos) DIY melaksanakan program bedah kamar bagi golongan lanjut usia atau lansia. Total ada 50 kamar lansia

ist
Kepala Dinsos DIY, Endang Patmintarsih, menemui langsung salah satu penerima bantuan program bedah kamar lansia di Kalurahan Banyuraden, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman (13/10/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Sosial (Dinsos) DIY melaksanakan program bedah kamar bagi golongan lanjut usia atau lansia. Total ada 50 kamar lansia yang menjadi sasaran program Dinsos DIY.

 

Kali ini, Dinsos DIY menyerahkan bantuan kepada lima lansia di Kalurahan Banyuraden, Kapanewon Gamping, Kabupaten Sleman.  

 

Kepala Dinsos DIY, Endang Patmintarsih, mengatakan, kamar terutama kasur menjadi hal pokok. Menurut survei, kasur lansia dalam kondisi memprihatinkan. Karenanya, Dinsos DIY memberi bantuan kasur agar lansia dapat tidur secara nyaman.

 

"Ketika kami cek ke lokasi, kondisi kamar, terutama kasur, para lansia cukup memprihatinkan. Mereka harus memiliki tempat nyaman untuk istirahat,"katanya saat menyerahkan bantuan di Kalurahan Banyuraden, Rabu (13/10).

 

Selain kasur, Dinsos DIY juga memberi bantuan karpet untuk menunjang kenyamanan lansia. Bantuan lain yang diberikan berupa lemari supaya lansia memiliki tempat untuk menyimpan baju.

 

Endang mengungkapkan, untuk bisa memperoleh bantuan, lansia harus memiliki KTP-el. Dengan demikian, Dinsos DIY memiliki data valid dan bantuan dapat diterima oleh lansia yang berhak.

 

Dinsos DIY mendorong lansia memiliki KTP-el. Ia juga berharap agar Lembaga Kesejahteraan Sosial atau LKS dapat membantu pendataan.

 

Saat ini, masih ada sekitar 20 persen lansia di DIY yang belum memiliki KTP-el. Endang optimistis tahun ini sekitar 37,4ribuan  lansia telantar di DIY dapat memiliki nomor induk kependudukan atau NIK.

 

"Supaya bantuan tepat sasaran, lansia harus memiliki NIK, punya KTP-el. Contoh, ada lansia berumur 90 tahun yang menerima bantuan karena tetap punya KTP-el. Kami tidak bisa bekerja sendiri," tegasnya.

 

Lansia penerima bantuan, Mangun (90), sangat berterima kasih atas kepedulian Dinsos DIY. Ayah empat enak tersebut bahkan tak sanggup membendung air mata.

 

"Terima kasih banyak. Di usia saya yang sudah 90 tahun, masih ada pihak yang peduli," ujarnya. (adv/maw)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved