Breaking News:

Obyek Wisata Blank Spot Sinyal di Gunungkidul Diidentifikasi, Paling Banyak di Kawasan Pantai

Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul terus mempersiapkan diri untuk menyambut kembali wisatawan dengan Uji Coba Terbatas wisata. Selain pengajuan

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul terus mempersiapkan diri untuk menyambut kembali wisatawan dengan Uji Coba Terbatas wisata.

Selain pengajuan ke pusat, identifikasi terhadap obyek wisata (obwis) pun dilakukan.

Sekretaris Dispar Gunungkidul Harry Sukmono menyampaikan identifikasi terutama dilakukan terhadap obwis yang masuk dalam kawasan blank spot alias sulit sinyal internet.

Baca juga: STTN Yogyakarta Gelar Wisuda Terakhir, Sebelum Berubah Jadi Poltek Nuklir Indonesia 

"Ini perlu jadi perhatian berkaitan dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi nantinya," jelas Harry pada wartawan, Rabu (13/10/2021).

Berdasarkan hasil identifikasi, ia mengatakan obwis blank spot paling banyak berada di kawasan pantai selatan. Baik di sisi timur dan sisi barat Gunungkidul.

Pada sisi timur, Harry mengatakan obwis yang tergolong blank spot adalah Pantai Wediombo, Pantai Watulumbung dan Siung. Sedangkan di sisi barat ada Pantai Ngedan, Gesing, Kesirat, dan Grigak.

"Tapi ada juga obwis non pantai yang sinyalnya juga sulit dan masih kurang stabil," ungkapnya.

Harry mencontohkan Kawasan Gunung Batur di Kapanewon Girisubo. Lalu Kawasan Wisata Klayar di Kalurahan Kedungpoh, Nglipar, yang kekuatan sinyalnya disebut masih naik-turun alias tidak stabil saat digunakan.

Menurutnya, kondisi ini akan berpengaruh pada penggunaan PeduliLindungi, mengingat aplikasi ini jadi salah satu syarat Uji Coba Terbatas. Koordinasi pun dilakukan untuk upaya penguatan sinyal tersebut.

"Koordinasi terus kami lakukan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul," kata Harry.

Baca juga: Kota Magelang Sabet Penghargaan APE 2020 dari Kementerian PPA

Saat lawatannya ke Desa Wisata Nglanggeran pada Senin (11/10/2021) lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno juga menyebut sinyal internet jadi kendala untuk Uji Coba Terbatas wisata.

Ia pun berjanji akan membantu membenahi masalah tersebut. Termasuk mencarikan solusi bagi obwis di Gunungkidul, mengingat sinyal internet juga sudah menjadi kebutuhan bagi wisatawan dan pelaku wisata.

"Kami akan berkoordinasi dengan penyedia jasa telekomunikasi serta Kemenkominfo," kata Sandi. (alx)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved