Breaking News:

Pemkab Magelang Tunggu Diskresi Izin Wisata Anak di Bawah Usia 12 Tahun 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang masih menunggu diskresi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) persoalan

TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang masih menunggu diskresi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) persoalan perizinan wisata bagi anak usia di bawah 12 tahun.

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menuturkan, belum ada destinasi wisata di Kabupaten Magelang yang mendapatkan diskresi terkait wisata anak di bawah usia 12 tahun.

"Secara rincinya memang belum ada destinasi wisata di Kabupaten Magelang yang mendapatkan diskresi. Namun, sudah ada wacana yang disampaikan Bapak Menteri terkait hal tersebut. Tentunya, kami akan secara proaktif akan senantiasa berkoordinasi dan berkonsultasi. Apakah diskresi itu, untuk semua destinasi wisata atau memiliki kriteria tertentu,"ujarnya kepada wartawan di Balkodes Karanganyar, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Replika Robot Mirip Transformers dari Bantul, Laku Keras di China dan Jerman

Ia menambahkan, kalaupun nantinya destinasi wisata di Kabupaten Magelang mendapatkan diskresi.

Pihaknya, meminta harus ada pengaturan yang rinci agar tidak terjadi perbedaan penafsiran dalam penerapannya.

"Tentunya, harus ada ukurannya dalam penerapan diskresi itu. Ketika nanti ada imbauan diskresi, kami (pemerintah daerah) akan mempedomani apa yang ada dalam diskresi itu," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno menuturkan, persyaratan diperbolehkannya anak berusia di bawah 12 tahun berwisata apabila kedua orangtua sudah mendapatkan vaksinasi secara penuh serta aplikasi Pedulilindungi harus berwarna hijau.

"Kalau persyaratan itu terpenuhi, maka akan diberi diskresi bagi pengelola wisata  berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 agar diperbolehkan untuk berkegiatan," ujarnya.

Untuk wilayah Kabupaten Magelang, pihaknya pun sudah mendapatkan laporan terkait keluhan dari pengelola wisata terkait tidak diperbolehkannya kunjungan untuk anak di bawah usia 12 tahun.

Terutama untuk wisata yang ramah terhadap anak.

Baca juga: Selama Pandemi Dinas Tenaga Kerja Sleman Catat Angka Pengangguran Semakin Meningkat

"Saya mendapat laporan di destinasi wisata Svargabumi Borobudur. Bahwa, 60 persen kunjungan itu didominasi oleh anak-anak di bawah 12 tahun. Sehingga, diskresi inilah diberikan dalam bentuk imbauan sekaligus untuk mendorong peningkatan vaksinasi," tuturnya.

Adanya diskresi  juga mengharuskan pengelola wisata  disiplin untuk memastikan pengujungnya sesuai dengan aturan. 

Karena, diskresi diberikan sebagai insentif bagi keluarga untuk berwisata.

"Tentunya, dengan adanya diskresi diharapkan sekaligus dapat mendorong capaian vaksinasi. Sebab, vaksinasi tetap menjadi persyaratan dalam berwisata," urainya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved