Breaking News:

GKR Hemas Langsung Lihat Aktivitas Tambang dan Simak Aspirasi Warga, Segera Sampaikan ke Sultan

Ratu Keraton Yogyakarta, GKR Hemas pada Senin (11/10/2021) melakukan kunjungan mendadak ke Nengahan, Trimurti, Srandakan Bantul.

Editor: ribut raharjo
Istimewa
Ratu Keraton Yogyakarta, GKR Hemas pada Senin (11/10/2021) melakukan kunjungan mendadak ke Nengahan, Trimurti, Srandakan Bantul. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Ratu Keraton Yogyakarta, GKR Hemas pada Senin (11/10/2021) melakukan kunjungan mendadak ke Nengahan, Trimurti, Srandakan Bantul.

GKR Hemas yang juga merupakan anggota DPD RI itu ingin melihat langsung aktivitas penambangan pasir di desa tersebut.

Dalam kunjungan yang didampingi cucunya RM Gustilantika Marrel Suryokusumo itu, selain melihat langsung aktivitas penambangan pasir, juga ingin mendengar langsung aspirasi warga.

Kepada GKR Hemas, warga meminta agar penambangan pasir di sepanjang Kali Progo ditertibkan.

"Matur sembah nuwun Gusti Ratu kerso rawuh wonten mriki (Terima kasih Gusti Ratu bersedia datang ke sini). Warga sudah bingung harus mengadu kemana lagi. Harapan kami tinggal kepada Ngarsa Dalem dan Keraton," kata Marsudi Harjono, warga Nengahan kepada GKR Hemas.

Kepada GKR Hemas, Marsudi berkisah, sejak tahun 1963 bantaran Kali Progo yang berada di padukuhannya tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk menanam rumput pakan ternak dan sayuran. Selain itu, di sepanjang bantaran sungai dahulu juga banyak tumbuh pohon kelapa.

"Tapi sekarang kondisinya jadi seperti apa, Gusti Ratu sudah pirsa (lihat) sendiri," tambah Marsudi.

Menurut Marsudi, aktivitas penambangan pasir di padukuhan tempat tinggalnya tersebut sudah berlangsung beberapa tahun. Banyak warga yang menolak.

Kepada GKR Hemas, Marsudi memohon lahan di bantaran Kali Progo yang merupakan tanah Kasultanan (Sultan Ground) agar segera diberi surat kekancingan (semacam surat keputusan) dari keraton.

"Kalau (lahan) sudah dikasih kekancingan, Gusti, warga sini jadi lebih manteb buat menjaganya," tandas Marsudi.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved