Breaking News:

Anak di Bawah 12 Tahun Boleh ke Tempat Wisata, Ini Syarat dari Kemenparekraf

Anak-anak di bawah 12 tahun kini sudah bisa mengunjungi obyek wisata tertentu. Namun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Tangkapan Layar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno 

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah 'puasa' liburan selama dua tahun dalam situasi pandemi covid-19, anak-anak berusia di bawah 12 tahun kini sudah bisa mengunjungi tempat-tempat wisata. Ini menyusul mulai dibukanya sejumlah obyek wisata seiring dengan menurunnya angka kasus positif covid-19.

Di Yogya misalnya, Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo mendapatkan diskresi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Kini, anak usia di bawah 12 tahun sudah bisa mengunjungi obyek wisata tersebut.

Namun, menurut Sandiaga hal ini harus dibarengi dengan prinsip kehati-hatian.

Dalam arti, saat mengunjungi objek wisata, harus dipastikan status vaksinasi kedua orang tua anak di bawah 12 tahun tersebut, serta tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Jadi, kita beri diskresi untuk pemerintah daerah, terutama yang ayah dan ibunya sudah divaksin full, dan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi itu. Nah, bapak-bapak pemerintah daerah silakan ditangani," terangnya saat mengunjungi Kampung Wisata Rejowinangun, Kota Yogyakarta, Jumat (8/10/2021).

Hal itu ditegaskannya lagi saat mengunjungi Desa Wisata Tinalah di Purwoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Senin (11/10/2021). 

Sandi menyebutkan perlunya mempertimbangkan faktor kerumunan ketika hendak mengunjungi tempat wisata.

Sandiaga menyadari bahwa larangan berwisata bagi anak-anak memang menjadi hal yang paling banyak dikeluhkan oleh para pengelola obyek wisata.

Sebab hampir tidak mungkin sebuah keluarga berwisata tanpa mengajak buah hati mereka. Efeknya tak sedikit di antaranya yang mengurungkan niat liburan mereka karena tak bisa mengikutsertakan anak-anak.

Dirinya berharap dengan kelonggaran tersebut, maka bisa memacu pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved