Breaking News:

Yogyakarta Tuan Rumah Peringatan Hari Museum Indonesia 2021

Barahmus DIY mendapat kehormatan sebagai tuan rumah peringatan Hari Museum Indonesia ke-6 Selasa, 12 Oktober 2021

ist
Barahmus DIY berbahagia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah peringatan Hari Museum Indonesia ke-6 Selasa, 12 Oktober 2021 

TRIBUNJOGJA.COM - Barahmus DIY mendapat kehormatan sebagai tuan rumah peringatan Hari Museum Indonesia ke-6  Selasa, 12 Oktober 2021.

Acara ini digelar oleh Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Museum Indonesia (DPP AMI) sekaligus dalam rangkaian penutupan acara peringatan 50 Tahun Barahmus DIY.

Tema yang dipilih peringatan Hari Museum Indonesia 2021 ini adalah “Bersama Museum Membangun Ketangguhan Bangsa".

Menurut Ki Bambang Widodo, Ketua Umum Barahmus DIY - Ketua I AMI dalam rilisnya kepada tribunjogja.com, museum dengan aneka koleksinya memiliki value yang berpotensi membangun ketangguhan bangsa di masa pandemik covid-19 ini serta mengajak masyarakat untuk aktif menjaga dan melestarikan khasanah budaya dan keaneka ragaman hayati.

Rangkaian peringatan, didahului Rapat Pimpinan Nasional AMI-AMIDA se-Indonesia di Hotel Grand Zuri, Jl. P. Mangkubumi 18, Yogyakarta, 11 Oktober 2021.

Kemudian Selasa 12 Oktober 2021 pagi, Seminar Museum Internasional II yang digelar secara daring, menampilkan 8 pembicara dari dalam dan luar negeri. 

Puncak peringatan diselenggarakan Selasa, 12 Oktober 2021 malam di gedung  Societiet Militer Taman Budaya Yogyakarta, diselenggarakan secara luring dan daring. 

Acara peringatan diawali laporan Ketua Panitia GKR Bendara, dan sambutan-sambutan. 

Yakni sambutan Ketua Umum DPP AMI Putu Supadma Rudana, MBA, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Sandiaga Salahudin Uno, BBA., MBA, dan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, BA, MBA dilanjutkan membuka secara resmi peringatan.

Pada kesempatan tersebut akan diluncurkan penerbitan buku kenangan “Pancadasa Warsa Kencana Barahmus” diserahkan kepada perwakilan penulis dan pendukung acara Hari Museum Indonesia.

Kemudian diakhiri pentas ketoprak “Prajnaparamita” dengan sutradara Bondan Nusantara.

Sedangkan rangkaian acara peringatan 50 Tahun Barahmus DIY dilaksanakan oleh Panitia diketuai GKR Bendara, digelar sejak 7 Agustus 2021 sampai 12 Oktober 2021 dapat terselenggara berkat dukungan dari Kemendikbudristek RI, Kemenparekraf RI, Dinas Kebudayaan DIY,  Dinas Pariwisata DIY, Badan Otorita Borobudur, BPCB DIY dan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Adapun acara yang telah terselenggara meliputi tasyakuran dan seminar nasional ‘Peran Museum di Industri Pariwisata’ di Museum Dewantara Kirti Griya (7/8/2021), ziarah ke makam Ketua Umum Barahmus DIY di TMP Kusumanegara dan Taman Wijaya Brata (8/8/2021).

Kemudian Pameran dan Karnaval secara virtual ‘Jogja Museum Expo’ di Gedung Pendhapa Art Space, Bantul (12-16/8/2021), Webinar Museum Internasional I (12/8/2021),   Sarasehan ‘Jogja Kota Museum’ di Museum Monumen Jogja Kembali (6/9/2021), dan Donor Darah Keluarga Barahmus DIY di Museum Pusat TNI-AD Dharma Wiratama(18/9/2021). (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved