Breaking News:

Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Layanan Akademik, Dua Fakultas Kampus Negeri di Yogyakarta Ini Bersinergi

Kerja sama FT UNY dan FTM UPNVY berkaitan dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Sinergi FT UNY dan FTM UPNVY terkait pendidikan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) sepakat menjalin kerja sama dengan Fakultas Teknologi Mineral Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (FTM UPNVY).

Adapun kerja sama tersebut berkaitan dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami sudah melakukan tanda tangan perjanjian kerja sama dengan pihak FTM UPNVY sejak 7 Oktober 2021 lalu,” ujar Dekan FT UNY, Prof Herman Dwi Surjono PhD, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Menandai Tujuh Tahun Perjalanan, Jurusan Ilmu Komunikasi UNY Luncurkan 7 Buku

Dia menjelaskan, lingkup kerja sama ini berupa tukar menukar informasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menunjang pendidikan dan pengajaran.

Beberapa contohnya termasuk pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) serta pemanfaatan laboratorium dan fasilitas yang dimiliki oleh kedua belah pihak untuk mendukung kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa.

“Perjanjian ini akan menjadi payung untuk berbagai sinergi yang akan dibangun seperti pengembangan jurnal, Kerjasama penelitian, pertukaran dosen dan mahasiswa serta agenda-agenda lainnya,” paparnya.

Tidak hanya itu, kerja sama ini turut mendasari kegiatan percepatan implementasi kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka yang sudah diinisiasi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim.

Baca juga: Pandemi, UPNVY Berikan Pengurangan Biaya UKT untuk 2.369 Mahasiswa TA 2021/2022

Ia berharap, melalui kerjasama ini, ada masukan timbal balik demi perbaikan kualitas layanan akademik dan kemahasiswaan di belah pihak.

“Setiap kampus memang dituntut untuk bersinergi agar dapat saling memberikan masukan agar dapat berkembang dan maju bersama-sama,” ungkap Herman.

Hal ini juga diamini oleh Dekan FTM UPNVY, Dr Ir Sutarto MT. Dia berharap setelah penandatangan ini agar segera terealisasi agenda-agenda kerja sama yang telah direncanakan.

Salah satunya yang paling dekat adalah sinergi antara Prodi Teknik Metalurgi FTM UPNVY dengan Prodi Pendidikan Teknik FT UNY. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved