Breaking News:

Taman Pintar luncurkan Taman Pintar Virtual Guide dan Taman Pintar 360 Derajat

Inovasi pun menjadi sebuah keharusan untuk bisa tetap beradaptasi dengan perubahan lingkungan ekternal.

ist
Taman Pintar luncurkan Taman Pintar Virtual Guide dan Taman Pintar 360 Derajat 

TRIBUNJOGJA.COM - Berkunjungke Taman Pintar Yogyakarta tentu identik dengan kegiatan wisata sekaligus belajar berbagai ilmu pengetahuan dan budayadalam suasana yang menyenangkan.

Dengan berbagai zona edukasi yang berisi alat peraga interaktif, Taman Pintar Yogyakarta masih menjadi tujuan utama bagi wisata edukasi di Kota Yogyakarta. 

Untuk bisa memahami berbagai konsep pengetahuan yang ditawarkan, tentu pengunjung dapat mencoba sendiri alat peraga yang ada, dengan membaca signade dan gambar atau bertanya kepada pemandu yang ada di Taman Pintar.

Harapannya pengunjung dapat memahami konsep kelimuan yang disajikan melalui suatu proses penyerapan makna dari pengalaman langsung (experiental learning) yang diperoleh di Taman Pintar.

Namun, di masa pandemic inilayanan berbasis experiental learning tersebuttidak dapat berjalan optimal. Hal ini karena adanya pembatasan interaksi, pembatasan jarak antar orang, upaya mengurangi sentuhan terhadap benda-benda di ruang public, dan pembatasan mobilitas social yang dilakukan dalam rangka mengurangi risiko penularan virus. 

Inovasi pun menjadi sebuah keharusan untuk bisa tetap beradaptasi dengan perubahan lingkungan ekternal. Setelah sukses dengan layanan kunjungan Sciensation Virtual Tour, Taman Pintar yang dikelola oleh UPT Pengelolaan Taman Budaya, memperkuat layanan berbasis virtual dengan Taman Pintar Virtual Guide dan Taman Pintar 360 Derajat

"Taman Pintar Virtual Guide"merupakan layanan terbaru di Taman Pintar yang dapat membantu pengunjung untuk lebih memahami konsep keilmuan dari alat peraga di Taman Pintar hanya dengan google lens atau scanner barcode dari barcode yang dipasang disamping zona/alat peraga.

 Pengunjung akan tersambung dengan link youtube Taman Pintar yang menampilkan video tutorial dari pemandu Taman Pintar. Vitur ini juga dilengkapi dengan menu penjelasan lebih lengkap tentang zona/alat peraga diinginkan. 

Sedangkan, “Taman Pintar 360 Derajat” sendiri merupakanlayananalternative untuk berkunjung secara virtual di Taman Pintar. Dalam video 360 derajat,  pengunjung bisa melihat apa yang ada disebelah kiri, kanan, belakang, atas dan bawah secara dinamis. 

Pengunjung akan terasa berada di dalam dalam lokasi yang ada di video itu. Masyarakat yang ingin menyaksikan Taman Pintar 360 Derajat akan diberikan akses, setelah melakukan registrasi  ke hotline Taman Pintarterlebih dahulu. 

Pandemi Covid-19 memang mengharuskan semua lembaga untuk bisa beradaptasi dan berinovasi agar tetap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

 Taman Pintar selalu berupaya untuk dapat mengedukasi masyarakat melalui berbagai program dan kegiatan yang inovatif yang sesuai dengan misinya untuk menumbuhkembangkan minat generasi muda terhadap sains melalui imaginasi, percobaan, dan permainan yang menyenangkan.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved