Breaking News:

TRIBUNJOGJATV

VIDEO: Meski Musim Hujan, Waspada Kekeringan hingga Cuaca Ekstrem

Meskipun sejumlah wilayah Indonesia saat ini sering dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang bahkan berpotensi banjir.

Editor: Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Meskipun sejumlah wilayah Indonesia saat ini sering dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang bahkan berpotensi banjir.

Tetapi, sejumlah wilayah lainnya harus mewaspadai potensi kekeringan.

Berdasarkan analisis curah hujan pada dasarian III atau 10 hari terakhir di bulan September 2021, sebanyak 11.99 persen wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan dan sebagian besar wilayah masih mengalami musim kemarau.

Baca juga: Masih Ada Daerah Kekeringan Saat Musim Penghujan, Ini Penjelasan BPBD Kabupaten Magelang

Baca juga: Masih Ada Wilayah Alami Kekeringan, BPBD Magelang Terus Lakukan Droping Air Bersih

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga menganalisis curah hujan pada dasarian II atau 10 hari kedua bulan September 2021, di mana masih terdapat beberapa wilayah yang curah hujannya berada pada kriteria rendah hingga menengah antara 0-150 mm/dasarian.

Monitoring hari tanpa hujan berturut-turut (HTH) hingga pemutakhiran data 30 September 2021 menunjukkan HTH ekstrem panjang teramati.

Hari Tanpa Hujan ekstrem tersebut berpotensi terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dengan HTH terpanjang selama 179 hari terjadi di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Penjelasan BMKG Mengapa Awal Musim Hujan Datang Lebih Cepat dan Penyebab Masih Ada Daerah Kekeringan

Hasil monitoring tersebut juga menunjukkan beberapa wilayah yang diprediksi peluang curah hujan kategori rendah yakni di bawah 20 mm/10 hari.

Indikasi hujan kategori rendah ini berpotensi terjadi kekeringan meteorologis di wilayah Provinsi Bali, Maluku, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Simak selengkapnya dalam video di atas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Meski Musim Hujan, Waspada Kekeringan hingga Cuaca Ekstrem di Wilayah Ini", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/09/083000023/meski-musim-hujan-waspada-kekeringan-hingga-cuaca-ekstrem-di-wilayah-ini.
Penulis : Ellyvon Pranita
Editor : Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved