Breaking News:

Seekor Ular Kobra Diciduk Damkar Klaten karena Mangsa Telur Ayam Warga Danguran

Seekor ular kobra kembali dievakuasi oleh tim animal rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Klaten. Kali ini, ular dengan nama latin

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok Damkar Klaten
Tim Animal Rescue Damkar Klaten saat mengevakuasi ular kobra dari kandang ayam Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Sabtu (9/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Seekor ular kobra kembali dievakuasi oleh tim animal rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Klaten.

Kali ini, ular dengan nama latin Naja Sputatrix tersebut nekat masuk ke dalam kandang ayam dan memangsa telur ayam milik seorang warga bernama Edy.

Ular dengan panjang sekitar 1 meter itu, masuk ke kandang ayam milik Edy yang berada di Dukuh Surdanan RT 02 RW 04, Desa Danguran, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Sabtu (9/10/2021).

Baca juga: Kisah Guru asal Klaten Jalan Kaki 37 Kilometer ke Yogyakarta Demi Penuhi Nazar Lulus PPPK

"Ular itu dilaporkan masuk ke kandang ayam, lalu pemilik kandang melapor ke Damkar untuk minta bantuan evakuasi," ujar Kasi Damkar Dinas Satpol PP Damkar Klaten, Sumino pada TribunJogja.com, Minggu (10/10/2021).

Menurutnya, proses evakuasi ular tersebut berlangsung sekitar 30 menit dari pukul 18.10 hingga 18.45 pada Sabtu kemarin.

Saat proses evakuasi, lanjutnya ular memang ditemukan sedang berada dalam kandang ayam. Kemudian petugas animal rescue Damkar Klaten melakukan evakuasi dengan menggunakan tongkat penjepit.

Kemudian, ular di masukan ke dalam boks tertutup dan segera di bawa ke kantor Damkar Klaten.

"Ketika di evakuasi, ular masih dalam keadaan hidup. Saat ini ular berada di kantor Damkar dan selanjutnya akan kembali dilepas liarkan ke habitat aslinya yang jauh dari kediaman warga," imbuhnya.

Sementara itu, petugas animal rescue Damkar Klaten, Irwan Santoso mengatakan jika pemilik kandang ayam mengetahui jika ada ular di kandang ayam miliknya saat akan memberikan ayam.

Baca juga: Pemkab Magelang Melantik 21 Pejabat Administrator dan Pengawas

"Saat itu pemilik ayam mau ngasih makan ayamnya, tahu-tahu ada ular di dalam kandang dan akhirnya minta bantuan ke kami untuk dievakuasi," ucapnya.

Ular itu, lanjut Irwan berukuran panjang sekitar satu meter dan tergolong ular dewasa. Awalnya, pemilik kandang ayam mendengar suara gaduh di kandang ayamnya.

"Selanjutnya pemilik mengecek ke kandang dan didapati seekor ular yang sedang memangsa telur ayamnya, kemudian pemilik kandang segera melapor ke kami untuk di evakuasi," tandasnya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved