Breaking News:

Pendidikan

Penelitian Guru Besar UGM : Kopi Mengandung Antioksidan dan Potensial Cegah Paparan Covid-19

Di berbagai penelitian di luar negeri disebutkan bahwa kopi menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai mampu mencegah paparan Covid-19.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Gaya Lufityanti
dok.istimewa
Secangkir kopi hitam 

TRIBUNJOGJA.COM - Kopi tidak hanya sekedar minuman, namun jika minum secangkir kopi di pagi hari bisa menjaga stamina tubuh.

Lalu minum secangkir kopi di sore hari bisa membantu agar mata tetap terjaga pada malam hari untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk.

Namun yang lebih menarik, kopi ternyata banyak mengandung senyawa antioksidan sehingga memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan tubuh.

Hal itu dikemukakan oleh Guru Besar FTP UGM Prof. Dr, Ir. Sri Anggrahini, M.S., dalam pidato orasi ilmiah dalam puncak Dies Natalis FTP UGM ke-58 di auditorium FTP UGM, Senin (20/9/2021).

Dalam orasinya, Sri Anggrahini menyampaikan pidato ilmiah yang berjudul “Kopi untuk Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19”.

Baca juga: 8 Langkah untuk Membuat Kopi Anda Menjadi Jauh Lebih Menyehatkan

Di berbagai penelitian di luar negeri, kata Sri, disebutkan bahwa kopi menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai mampu mencegah paparan Covid-19.

Hal itu mendukung banyak penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa kopi bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya kandungan polifenol dan fenolik yang memiliki sifat antioksidan.

Meski mampu meningkatkan kekebalan tubuh, imbuhnya, namun dianjurkan tidak mengkonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong.

“Minum kopi saat perut kosong bisa memungkinkan naiknya kadar gula darah, asam lambung naik dan resiko kena sakit maag,” katanya.

Penelitian soal khasiat kopi ini menurutnya perlu ditindaklanjuti agar bisa mendorong masyarakat kita gemar mengkonsumsi kopi serta mengetahui batas aman mengkonsumsi kopi sesuai dengan dianjurkan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved