Breaking News:

TRIBUNJOGJATV

VIDEO: Hari Tanpa Bayangan di Pulau Jawa Sepekan ke Depan

Hari Tanpa Bayangan akan terjadi Pulau Jawa selama seminggu ke depan. Hal ini dikarenakan selama sepekan ini, mulai tanggal 8 Oktober hingga 14 Oktobe

Editor: Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Hari Tanpa Bayangan akan terjadi Pulau Jawa selama seminggu ke depan. Hal ini dikarenakan selama sepekan ini, mulai tanggal 8 Oktober hingga 14 Oktober mendatang,

Matahari di atas pulau Jawa. Fenomena matahari tepat berada di atas Pulau Jawa ini terjadi karena sumbu rotasi Bumi yang miring 66,6 derajat terhadap ekliptika.

Baca juga: VIDEO: Meski Musim Hujan, Waspada Kekeringan hingga Cuaca Ekstrem

Baca juga: Begini Tradisi Riset Hari Tanpa Bayangan di Negara Lain

Peneliti Pussainsa LAPAN BRIN Andi Pangerang mengatakan, hal ini membuat Matahari tak selalu berada di atas garis khatulistiwa (lintang 0 derajat).

Melainkan berada di lintang 23,4 derajat LU (garis balik utara) hingga 23,4 derajat LS (garis balik selatan).

Baca juga: 10 Fenomena Langit Menarik di Bulan September 2021 : Salah Satunya Puncak Hujan Meteor

Wilayah yang terletak di antara dua garis balik ini memungkinkan akan mengalami Matahari di atas tempat tersebut ketika tengah hari sebanyak dua kali setahun.

Untuk kasus khusus, Hari Tanpa Bayangan untuk wilayah sekitar garis katulistiwa akan mengalami Matahari di atas garis katulistiwa ketika Ekuinoks Maret dan September.

Simak selengkapnya di video di atas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Tanpa Bayangan di Pulau Jawa Sepekan ke Depan, Ini Jadwal dan Dampaknya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/08/190200123/hari-tanpa-bayangan-di-pulau-jawa-sepekan-ke-depan-ini-jadwal-dan?page=all#page2.
Penulis : Ellyvon Pranita
Editor : Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved