Breaking News:

Kabupaten Kulon Progo

40 Nelayan di Kulon Progo Ikuti Lomba Produktivitas Penangkapan Ikan di Pantai Congot

Lomba tersebut digelar supaya dapat membangkitkan motivasi nelayan dan meningkatkan produksi perikanan tangkap. 

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Bupati Kulon Progo, Sutedjo menunjukkan hasil tangkapan ikan nelayan di Pantai Congot, Jangkaran, Temon, Kulon Progo, Minggu (10/10/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Sebanyak 40 nelayan dengan 20 perahu mengikuti lomba produktivitas penangkapan ikan di Pantai Congot, Kalurahan Jangkaran, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Minggu (10/10/2021). 

Lomba tersebut digelar supaya dapat membangkitkan motivasi nelayan dan meningkatkan produksi perikanan tangkap. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulon Progo, Sudarna mengatakan kegiatan ini diprakarsai oleh DKP DIY bersama DKP Kabupaten Kulon Progo dan Dinas Pariwisata Kulon Progo yang didukung oleh Bank BPD DIY Cabang Wates. 

Baca juga: 14 Desa Wisata di Kulon Progo Ikut Lomba Gelar Potensi Desa Wisata

Kegiatan ini juga selaras dengan program Jogo Segoroku yaitu menjaga dan mengelola laut di sepanjang pesisir selatan Kulon Progo dengan tetap melestarikan sumber daya alam (SDA) di dalamnya. 

Masing-masing nelayan yang ikut dalam lomba tersebut merupakan perwakilan dari semua tempat pelelangan ikan (TPI) di Kulon Progo

"Mereka nanti akan memperebutkan hadiah berupa uang tunai dari Bank BPD DIY Cabang Wates dengan kategori nilai jual ikan tertinggi dan kategori berat hasil penangkapan terbanyak," kata Sudarna, Minggu (10/10/2021). 

Dikatakannya, lomba produktivitas nelayan dalam program Jogo Segoroku juga rangkaian dari HUT ke-70 Kabupaten Kulon Progo yang diperingati pada 15 Oktober 2021 mendatang. 

Baca juga: Sejumlah Destinasi Wisata di Kulon Progo Terkendala Saat Ajukan Sertifikat CHSE

Sementara itu, Bupati Kulon Progo, Sutedjo mengatakan sejumlah ikan yang berhasil ditangkap pada lomba ini merupakan bagian dari upaya pemerintah kabupaten (Pemkab) Kulon Progo untuk mendorong para nelayan bangkit dalam kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Sebab dalam kondisi pandemi, agar ekonomi tetap jalan maka perlu disikapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). 

"Apalagi kegiatan lomba produktivitas nelayan diharapkan dapat membangkitkan motivasi para nelayan ketika menangkap ikan di laut," ungkapnya. ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved