Breaking News:

Kabupaten Bantul

Dinas Pariwisata Bantul Ajukan 54 Objek Wisata untuk Mendapatkan Sertifikat CHSE

Dengan diterbitkan sertifikat itu, harapannya bisa menjadi bahan pertimbangan agar obwis tersebut dapat diperbolehkan untuk dibuka.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo 

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Pariwisata Bantul mengusulkan 54 objek wisata (obwis) untuk mendapatkan sertifikat CHSE dari pemerintah pusat.

Harapannya, dengan diterbitkan sertifikat itu, bisa menjadi bahan pertimbangan agar obwis tersebut dapat diperbolehkan untuk dibuka.

Sejauh ini Bantul hanya memiliki delapan obwis yang sudah tersertifikasi CHSE, dan tiga di antaranya telah dilakukan uji coba penerimaan kunjungan wisatawan.

Yakni Pinus Sari, Bukit Pengger dan 1.000 Batu yang semuanya berada di Dlingo.

Sejauh ini memang tidak serta merta obwis yang tersertifikasi CHSE bisa langsung menerima kunjungan wisatawan.

Baca juga: WISATA UNIK BANTUL : Lihat Koleksi Wayang Langka di Museum Wayang Beber Sekartaji

Terbukti dari delapan obwis yang sudah tersertifikasi, baru ada 3 obwis yang boleh menerima kunjungan.  

Namun demikian, Kepala Dinas Pariwisata, Kwintarto Heru Prabowo mengungkapkan bahwa tujuan akhir pengajuan CHSE ini agar obwis diperbolehkan menerima kunjungan wisatawan.

Meski saat ini baru mengusulkan 54 obwis untuk sertifikasi, namun secara prinsip pihaknya berharap seluruh obwis di Bantul dapat dibuka.

"Selain itu, kami juga telah mengirimkan surat resmi agar pansela (pantai selatan) dapat dibuka untuk uji coba. Kita usulkan sejak 3 minggu lalu, ini masih menunggu hasilnya," ungkapnya Jumat (10/8/2021).  

Dipilihnya pansela untuk dilakukan uji coba, karena masyarakat di sana sepenuhnya menggantungkan hidup dari wisata. Berbeda dengan desa wisata yang bermunculan beberapa tahun belakangan, masyarakat di sana rata-rata memiliki pekerjaan lain selain mengelola desa wisata.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved