Breaking News:

Jawa

Meski Turun ke PPKM Level 2, Razia Prokes Satgas Covid-19 Klaten Tetap Rutin 2 Kali Sehari

Meski kini Klaten menerapkan PPKM level dua, Tim Satgas Covid-19 Klaten ternyata tidak mengendorkan operasi yustisi.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Kasi Penindakan Satpol PP Klaten, Sulamto saat ditemui di kompleks perkantoran Pemkab Klaten, Kamis (7/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.CON, KLATEN - Pemerintah Pusat menetapkan Kabupaten Klaten menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 pada 5-18 Oktober 2021.

Meski demikian, Tim Satgas Covid-19 Klaten ternyata tidak mengendorkan operasi yustisi di daerah itu.

Satgas Covid-19 tetap menggelar operasi yustisi dua kali dalam sehari.

"Pada PPKM Level 2 ini intinya sama, operasi yustisi masih dilakukan dan polanya masih sama dengan PPKM Level 3," ujar Kepala Seksi Penindakan Satpol PP Klaten, Sulamto saat Tribunjogja.com temui di Pemkab Klaten, Kamis (7/10/2021)

Baca juga: Operasional Pedagang Kuliner di Klaten Dilonggarkan hingga Pukul 22.00 Setiap Malamnya

Menurutnya, pada PPKM Level 2 ini pihaknya justru bekerja lebih keras karena terjadinya pelonggaran di beberapa sektor seperti diizinkannya hajatan, pertunjukan seni budaya hingga pembukaan wisata.

"Yang harus kita awasi tambahan adalah wisata, hajatan dan pertunjkan seni. Sasaran kita untuk operasi yustisi bukan hanya di pasar-pasar tapi lebih luas," jelasnya.

Ia berharap, masyarakat agar selalu disiplin dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di mana pun berada.

"Nanti juga ada pengecekan aplikasi Peduli Lindungi di tempat-tempat wisata seperti yang dipersyaratkan dalam aturan yang ada," paparnya.

Diakui Sulamto, selama melaksanakan operasi yustisi pihaknya masih saja menemukan warga yang tidak memakai masker dan operasional usaha kuliner yang buka lewat dari batas yang telah ditentukan.

"Kapan hari sudah kita peringati nanti kalau tidak diindahkan akan diberikan surat teguran," katanya.

Baca juga: Obwis Boleh Buka Saat PPKM Level 2, Pengelola Wisata Minta Pemkab Klaten Segera Keluarkan Regulasi

Sebelumnya, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito mengatakan pelonggaran operasional pedagang kuliner di Klaten sedikit berbeda dengan Inmendagri terdahulu karena pihaknya mengakomodir operasional pedagang.

"Kita mengakomodir yang buka jam 18.00 sore biasanya tutup sampai tengah malam jam 24.00, sementara yang buka dari pagi tutupnya sampai jam 21.00 malam, nah sekarang kita samakan semuanya, mau buka dari pagi atau sore tutupnya harus jam 22.00," ucapnya.

Menurut Ronny, jika menerapkan peraturan lama pihaknya kesulitan untuk melakukan monitoring karena banyaknya pedagang kuliner di Klaten.

"Kita juga sulit untuk melakukan monitoring para pedagang kuliner ini bukannya jam berapa, jadi kita ambil tengahnya saja jam 22.00 sudah tutup semua," imbuhnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved