Breaking News:

Kisah Inspiratif

Kisah Pria di Kulon Progo yang Hobi Memelihara Reptil

Kulon Progo Exopet terdapat ular weling, ular kobra jawa, ular piton, ular gadung, anakan ular sowo kopi, anakan 3 ekor biawak dan gecko. 

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Pengelola Kulon Progo Exopet, Aditya Dani saat menjinakkan ular king kobra yang dititipkan di shelternya di Jalan Kolonel Sugiono Nomor 32, Karangdowo, Wates, Kulon Progo, Kamis (7/10/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Memelihara reptil mulai menjadi gaya hidup pria di Kulon Progo yakni Aditya Dani yang merupakan pengelola Kulon Progo Exopet sebagai tempat penitipan berbagai jenis reptil.

Shelter tersebut dikelolanya sejak tiga tahun silam. 

Pria yang kerap disapa Adit ini mengatakan di shelternya saat ini terdapat berbagai jenis macam reptil meliputi ular weling, ular kobra jawa, ular piton, ular gadung, anakan ular sowo kopi, anakan 3 ekor biawak dan gecko. 

"Selain itu juga ada ular king kobra yang mematuk pemiliknya sendiri hingga meninggal pada Selasa (5/10/2021) kemarin. Ular berusia sekitar 3-4 tahun dengan panjang 2,5 meter itu saya ambil di Damkar Kulon Progo pada Rabu (6/10/2021) pagi," kata Adit saat ditemui di shelternya yang berada di Jalan Kolonel Sugiono Nomor 32, Karangdowo, Wates, Kulon Progo, Kamis (7/10/2021). 

Baca juga: Usai Digigit Saat Mandikan Ular Kobra Peliharaan, Pemuda di Kulon Progo Meninggal Dunia

Ia menyebut, ular king kobra merupakan jenis ular kanibal karena juga memangsa ular. 

Apalagi saat mematuk pemiliknya, ular tersebut sedang ganas-ganasnya karena dalam fase pergantian kulit. 

Dikatakan Adit, ular king kobra dan ular weling sama-sama memiliki bisa yang mematikan bagi manusia maupun hewan yang dimangsa. 

"Karena hampir 99 persen sehabis dipatuk pasti akan meninggal. Tapi kalau dilihat dari keganasannya lebih galak king kobra daripada weling yang lebih kalem," ucapnya. 

Ular-ular yang dititipkan di shelternya juga diberi makan sesuai ukurannya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved