Breaking News:

UPDATE : WhatsApp, FB dan IG Sudah Mulai Pulih Setelah Tumbang Selama 5 Jam

WhatsApp, Facebook, dan Instagram mulai bisa digunakan pada Selasa (5/10) pukul 06.00 waktu Indonesia. Ketiganya sempat tak bisa diakses

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
net
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - WhatsApp, Facebook, dan Instagram mulai bisa digunakan pada Selasa (5/10) pukul 06.00 waktu Indonesia. Ketiganya sempat tak bisa diakses selama lebih dari 5 jam di seluruh dunia.

Berdasarkan pengetesan DNS melalui situs DNSChecker.org, sebagian besar DNS sudah berhasil mengarahkan pengguna ke situs yang dituju, semisal salah satunya adalah Facebook. Namun, DNS masih membutuhkan waktu untuk kembali pulih sempurna dan bisa digunakan oleh semua orang.

WhatsApp pun sudah bisa mengirim dan menerima pesan, meskipun masih belum normal sepenuhnya.

Sementara Facebook dan Instagram sudah bisa diakses seperti sedia kala.

Permasalahan ini menjadi yang terburuk sejak tahun 2019, ketika Facebook lumpuh selama 24 jam.

Spekulasi Penyebab Lumpuhnya WhatsApp, FB dan IG

Banyak spekulasi bermunculan menyusul masalah yang terjadi pada WhatsApp, Facebook dan Instagram pada Selasa (5/10) dini hari waktu Indonesia. Dari mulai kesalahan teknis hingga spekulasi soal serangan siber.

Sebagai informasi, WhatsApp, Facebook dan Instagram tidak dapat diakses di seluruh dunia. Ketiga layanan itu menampilkan pesan eror ketika dicoba diakses.

Terkait spekulasi tersebut, New York Times yang mendapatkan informasi dari sumber internal menyebutkan bahwa hal ini tidak mungkin disebabkan oleh serangan siber.

Menurut sumber internal yang enggan disebutkan identitasnya tersebut, tidak mungkin serangan siber bisa melumpuhkan infrastruktur mereka secara massal secara bersamaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved