Breaking News:

Polisi Jemput Penyandang Disabilitas di Lendah Kulonprogo untuk Bisa Jalani Vaksinasi Covid-19

Sejumlah penyandang disabilitas dijemput dengan menggunakan mobil patroli karena medan yang terjal dan sulit diakses kendaraan umum

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Polisi menjemput warga penyandang disabilitas supaya mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 dan agar tercapai herd immunity, Polsek Lendah menjemput warganya yang menyandang disabilitas untuk mengikuti vaksinasi. 

Sejumlah penyandang disabilitas dijemput dengan menggunakan mobil patroli karena medan yang terjal dan sulit diakses kendaraan umum. 

Kapolsek Lendah, AKP Fakhrurodin, mengatakan ada sekitar 45 orang dari 100 lebih penyandang disabilitas di Kapanewon Lendah terpaksa harus dijemput ke rumah masing-masing. 

"Karena lokasi rumah mereka lumayan jauh dan medan jalan yang sulit serta tidak adanya transportasi kendaraan maka mereka dijemput. Usai divaksin, mereka kemudian diantar kembali ke rumah masing-masing. Sehingga harus bolak balik mengantar jemput," ucapnya, Senin (4/10/2021). 

Adapun vaksinasi yang digelar ini baik untuk dosis I maupun menyelesaikan dosis II. 

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kulon Progo, Sri Wahyu Widhati, mengatakan penyandang disabilitas menjadi prioritas vaksinasi karena termasuk kelompok rentan. 

"Vaksinasi ini juga merupakan tindak lanjut dari program TP PKK DIY tentang percepatan vaksinasi bagi penyandang disabilitas," kata Sri. 

Lebih lanjut, Bupati Kulon Progo, Sutedjo, mengatakan per Minggu (3/10/2021) kemarin, capaian vaksinasi dosis I sebesar 75,03 persen. Sementara dosis II mencapai 45,78 persen. 

Capaian vaksin tersebut telah melampaui target internal sebesar 75 persen dan target nasional 70 persen. 

Diharapkan Oktober 2021, herd immunity (kekebalan komunal) di Kulon Progo segera terbentuk. 

"Sehingga bulan ini dosis I bisa selesai semua. Karena salah satu upaya agar tercapai herd immunity adalah vaksinasi," kata Sutedjo. 

Adapun capaian vaksinasi dosis II ditargetkan selesai pada awal 2022 mendatang dengan melihat stok vaksin yang tersedia. (*) 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved