Breaking News:

Yogyakarta

Kirim Surat ke 3 Kementerian, Dispar Minta Seluruh Destinasi Wisata di DI Yogyakarta Diizinkan Buka

Pembukaan objek wisata seluruhnya ini dinilai akan lebih efektif karena otomatis bakal ada petugas dan pengelola wisata yang mengawasi wisatawan.

TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Pariwisata (Dispar) DIY mengusulkan agar seluruh destinasi wisata yang ada di DI Yogyakarta dapat dibuka.

Kepala Dispar DIY, Singgih Raharjo menuturkan, pihaknya telah melayangkan surat kepada tiga kementerian terkait usulan tersebut.

Yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, maupun Kementerian Kesehatan.

Sejalan dengan Gubernur DIY, pembukaan objek wisata seluruhnya ini dinilai akan lebih efektif karena otomatis bakal ada petugas dan pengelola wisata yang bertugas kembali mengawasi pergerakan wisatawan di masing-masing lokasi.

Baca juga: Sri Sultan HB X Usul Perluasan Pembukaan Tempat Wisata di DI Yogyakarta, Ini Alasannya

"Harapan saya yang sudah mendaftarkan CHSE dan QR Code bisa melangsungkan uji coba," terang Singgih di Kompleks Kepatihan, Senin (4/10/2021).

Jika seluruh tempat wisata diizinkan buka, pihaknya akan kembali mensortir destinasi yang dianggap memiliki kesiapan untuk menerima pengunjung di tengah situasi pandemi.

Misalnya dari kepemilikan sertifikat CHSE, QR Code aplikasi PeduliLIndungi dan sarana dan prasarana yang dimiliki.

"Sebetulnya kami mengusulkan semua dibuka dengan persyaratan khusus nanti kita sortir lagi dari QR Code PeduliLindungi dan sarpras," paparnya.

Sejauh ini sedikitnya 360 tempat wisata di DIY telah mengantongi sertifikat CHSE.

Sedangkan untuk yang telah menerima QR Code PeduliLindungi, Singgih belum memperoleh data pasti.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved