Breaking News:

Antusias Sambut Kuliah Tatap Muka, Ribuan Pelajar Ikuti Vaksinasi Massal di Auditorium UNY 

Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Auditorium UNY tersebut digelar sekaligus sebagai persiapan menuju perkuliahan tatap muka. 

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Suasana agenda Gerakan Vaksinasi II Mahasiswa Yogyakarta Istimewa yang berlangsung di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (2/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ribuan mahasiswa tampak begitu antusias mengikuti agenda vaksinasi massal Covid-19, di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (2/10/2021).

Kegiatan tersebut digelar sekaligus sebagai persiapan menuju perkuliahan tatap muka. 

Pelaksanaan vaksinasi ini diinisiasi oleh lima elemen aliansi mahasiswa nasional.

Meliputi, BEM PTKIN, BEM Nusantara, BEM Perguruan Tinggi Muhammadiyah Indonesia (PTMI), Perhimpunan Mahasiswa Komputer dan Informatika Nasional (PERMIKOMNAS), serta Aliansi Mahasiswa Aktivis Nasional (AMAN) Indonesia, yang bekerjasama dengan Polda DIY, dan BEM UNY, selaku tuan rumah. 

Juru Bicara Gerakan Aliansi Mahasiswa Nasional, Ginka F Ginting, mengatakan agenda serupa sebelumnya juga telah diselenggarakannya di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan beberapa daerah lain. 

"Di Yogyakarta kami menyasar tiga ribu mahasiswa. Semoga ini bisa mempercepat herd immunity di Yogyakarta, ataupun Indonesia. Sehingga, bisa relatif lebih aman dan PTM dapat kembali dilakukan," katanya. 

Ia menandaskan, tiga ribu mahasiswa tersebut sudah tuntas malaksanakan dua kali vaksinasi Covid-19, setelah dosis yang pertama disuntikkan pada 13 September 2021 lalu.

Menurutnya, mahasiswa harus bergerak mengambil peran, dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19. 

"Harapan kami, ini bisa jadi pemantik mahasiswa di daerah lain untuk melanjutkan gerakan serupa. Ini jadi representasi dukungan percepatan penanganan Covid-19 dari kalangan mahasiswa," tandas Ginka. 

Asisten I Sekda DIY, sekaligus Ketua Percepatan Vaksinasi Covid-19 DIY, Sumadi, yang meninjau langsung kegiatan itu mengatakan langkah awal menuju perkuliahan tatap muka adalah dengan mengejar capaian 80 persen vaksinasi di kalangan mahasiswa Yogyakarta. 

"Sejauh ini, kita belum bisa memastikan sudah 80 persen, atau belum, yang untuk mahasiswa. Karena kan banyak yang  dari luar (Yogyakarta). Makanya, kita harus bersinergi, kalau  persyaratan oke semua, kita bisa tatap muka," katanya. 

Sumadi pun memaparkan, dalam kondisi normal, setidaknya terdapat 275 ribu mahasiswa dari luar daerah, yang datang ke Yogyakarta.

Akan tetapi, hingga akhir September lalu, mahasiswa yang sudah terdata kembali menginjakkan kaki di kota pelajar baru sekitaran 10 ribu saja. 

"Karena itu, kami belum bisa mendata pasti. Saya diperintah Pak Gubernur, jangan sampai ada dari luar Jawa yang masuk dan belum tervaksin sama sekali. Memang, kita harus sangat berhati-hati," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved