Breaking News:

Jawa

10 Situs Purbakala di Klaten Dipasangi Papan Informasi, Disparbudpora : untuk Edukasi ke Warga

Pemasangan tersebut guna memberikan pengetahuan ke warga masyarakat jika situs-situs cagar budaya itu merupakan situs bersejarah.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Seorang warga saat memasang papan informasi pada situs Masjid Majasem yang berada di Dukuh Majasem, Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Rabu (29/9/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 10 situs cagar budaya yang tersebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bakal dipasangi papan informasi.

Pemasangan tersebut guna memberikan pengetahuan ke warga masyarakat jika situs-situs cagar budaya itu merupakan situs bersejarah sehingga perlu untuk dilestarikan dan dilindungi.

"Pemasangan papan informasi ini memang kita agendakan sejak awal tahun 2021 untuk mengenalkan ke masyarakat jika Klaten punya situs cagar budaya," ujar Kabid Kebudayaan Disparbudpora Klaten, Yuli Budi Susilowati, pada awak media Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Plengkung Pitu, Saluran Air Peninggalan Belanda yang Dikembangkan Jadi Objek Wisata di Tulung Klaten

Menurut Yuli, adapun 10 situs yang bakal dipasangi papan penanda tersebut yakni situs Kaliworo A yang berada di kawasan lereng Gunung Merapi di Dukuh Pijenan Desa Sokorini, Kecamatan Manisrenggo.

Situs ini, merupakan situs purbakala yang diduga dulunya berupa bangunan candi.

Kemudian, situs Masjid Majasem yang berada di Dukuh Majasem, Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan. Situs ini merupakan peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta.

Ada juga, situs Watu Si Gong dan Jaden di Mranggen, Kecamatan Jatinom, Situs Tibayan dan Montelan di Tibayan, Jatinom, Situs Kunden di Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan.

Selanjutnya, Makam Syech Dombo di Paseban, Kecamatan Bayat, Makam Panembahan Romo di Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Situs Gajihan di Pandeyan, Kecamatan Jatinom hingga situs Mbah Gempur di Jonggarangan, Klaten Utara.

Baca juga: Ada Yoni Berkepala Kura-Kura di Klaten, Jalan Tol Yogyakarta-Solo Dibangun Melayang di Atasnya

"Pada pengumuman itu kita tulis tempat ini dilindungi Undang-undang dan Perda Cagar Budaya. Ini untuk edukasi bagi masyarakat agar menjaga kelestarian situs cagar budaya ini," paparnya.

Menurutnya, selain memasang papan informasi di 10 titik situs cagar budaya itu, pihaknya juga memasang papan penunjuk jalan menuju situs-situs purbakala yang ada di Kabupaten Bersinar tersebut.

Ia berharap dengan pemasangan papan informasi itu, benda-benda cagar budaya dan situs purbakala yang ada di daerah tersebut tetap terjaga dan terawat. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved