Breaking News:

Sebanyak 10 Sekolah di Kota Yogyakarta Dapat Penghargaan Adiwiyata 

Sebanyak 10 sekolah di Kota Yogyakarta mendapat predikat sekolah Adiwiyata tingkat Kota Yogyakarta. Dari 10 sekolah, tujuh di antaranya adalah SD

dok.istimewa
ilustrasi berita pendidikan 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 10 sekolah di Kota Yogyakarta mendapat predikat sekolah Adiwiyata tingkat Kota Yogyakarta. Dari 10 sekolah, tujuh di antaranya adalah SD dan tiga lainnya berasal dari jenjang SMP. 

Kasi Pengembangan Sumber Daya Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Christina Endang Setyowati mengatakan Adiwiyata merupakan sebuah gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GBPLHS). Gerakan tersebut menuntut komitmen dari masing-masing sekolah.

"Untuk menjadi Adiwiyata tidak dilihat dari fisiknya. Direncanakan sejak awal dari penyusunan kurikulum dan evaluasi diri sekolah (EDS). Serta dilandasi dari Identifikasi Potensi dan Masalah  (IPMLH) dari sekolah tersebut,"katanya, Rabu (29/09/2021).

Baca juga: Ketua DPRD Apresiasi Sinergitas Lintas Sektor di Klaten Turunkan Kasus Covid-19

"Sedangkan implementasi melalui Pembelajaran (Silabus dan RPP), Ekstrakurikuler serta pembiasaan diri di sekolah," sambungnya.

Setelah mendapat predikat Sekolah Adiwiyata, sekolah tersebut harus mempertahankan predikat tersebut. Bahkan sebisa mungkin meningkat dan dapat diusulkan menjadi sekolah Adiwiyata tingkat provinsi.

Pihaknya akan melakukan pengawasan dan evaluasi terkait unsur-unsur sekolah Adiwiyata. Dengan demikian, sekolah dapat meningkatkan predikat sekolah Adiwiyata. 

Baca juga: Bupati Magelang Pantau Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Candimulyo

"Predikat itu hanya bertahan empat tahun saja, nanti akan kami evaluasi. Apakah memenuhi unsur untuk naik menjadi Adiwiyata tingkat provinsi, nasional, ASEAN. Nanti ada penilaiannya. Jadi tidak hanya berhenti di tingkat kota saja," lanjutnya. 

Dengan adanya sekolah Adiwiyata, diharapkan siswa semakin peduli untuk melestarikan lingkungan. (maw)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved