Breaking News:

Nasionalisme Pancasila Adalah Benteng di Era Maraknya Penjual Mimpi di Dunia

Perkembangan secara nyata terlihat dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita. Mewujud dalam peristiwa besar dan fenomenal.

Editor: ribut raharjo
istimewa
Pancasila 

Oleh: Satrio Toto Sembodo

TRIBUNJOGJA.COM - Peradaban manusia terus tumbuh, berkembang dan maju. Perkembangan secara nyata terlihat dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita. Mewujud dalam peristiwa besar dan fenomenal.

Dari perspektif teknologi, pergerakan peradaban saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0 (REVI 4.0).

Masa yang ditandai dengan semakin majunya perkembangan teknologi informasi. Dengan produk industri berbasis pemanfatan kecerdasan buatan (artificial inteligent) pada berbagai bidang.

Hal yang dulu tidak dipikirkan oleh banyak orang, seperti kendaraan bergerak sendiri tanpa pengemudi yang hari ini mulai terjadi, meskipun masih dalam skala terbatas.

Hal tersebut membuktikan bahwasanya jarum jam peradaban manusia terus bergerak maju. Sejak masa pra sejarah yang sangat primitif, kesederhanaan tradisi masyarakat agriculture, sampai dengan zaman informatif yang ultra modern.

Dalam menciptakan peradaban, manusia sangat dipengaruhi oleh kehidupan yang menuntut keselarasan antara manusia, alam dan teknologi yang berbasis kecerdasan buatan dan bersifat “ beyond human imagination “.

Perkembangan, pertumbuhan dan kemajuan tersebut mendorong masyarakat dunia tidak terkecuali Indonesia untuk beradaptasi pada situasi lingkungan baru.

Adaptasi suatu proses yang kompleks diawali proses introspektif, proyektif dan programatik. Dalam penyesuaian arus zaman yang terus bergerak, rancangan strategi dan pola hendaknya tetap mengutamakan kepentingan dan sesuai dengan tujuan pembangunan nasional.

Cita-cita sebagai suatu negara bangsa yang merdeka dan berdaulat yang memiliki prinsip dasar dan konstitusi negara sendiri untuk dioperasionalkan yang saya sebut sebagai souverignty bounded.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved