Breaking News:

Jangkau Lebih Banyak Sasaran, Vaksinasi Covid-19 Bakal Menyasar Setiap Posyandu 

Gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo akan merencanakan pelayanan vaksinasi bagi lansia dengan cara mengoptimalkan

istimewa
Ketua Gugus Tugas Covid-19 sekaligus Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana memantau pelaksanaan vaksinasi di Kalurahan Ngestiharjo, Jumat (24/9/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo akan merencanakan pelayanan vaksinasi bagi lansia dengan cara mengoptimalkan setiap posyandu di wilayahnya.  

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo, Fajar Gegana mengatakan rencana vaksinasi tersebut juga diharapkan lebih banyak menjangkau masyarakat dikarenakan lebih mendekatkan kepada sasaran. 

Baca juga: Penjelasan Kenapa Orang yang Rutin Sholat Dhuha Memiliki Kadar Gula dalam Darah yang Terkontrol

Sebab dari pemantauannya di Kalurahan Ngestiharjo pada Jumat (24/9/2021) kemarin mayoritas sasarannya adalah lansia.

Total ada 910 sasaran yang terdaftar mengikuti vaksinasi.

Namun dari jumlah itu, sudah ada 806 warga yang divaksin, terdiri dari 730 warga disuntik vaksin dosis I dan 76 warga disuntik dosis II. 

Sementara ada 104 warga yang ditunda untuk diberikan vaksinasi karena alasan tertentu. 

Selain itu dalam mendukung percepatan vaksinasi, pemerintah kabupaten (Pemkab) Kulon Progo juga dibantu TNI dan Polri menyasar ke pelosok-pelosok daerah dengan vaksinasi keliling. 

Baca juga: Info Prakiraan Cuaca BMKG DI Yogyakarta Hari Ini Minggu 26 September 2021, Ada Potensi Hujan Petir

"Kami juga meminta kepada para dokter untuk lebih mengutamakan warga yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta. Karena selama ini, ada miss informasi kalau memiliki komorbid justru takut ikut vaksinasi. Padahal seharusnya orang yang memiliki komorbid justru lebih didahulukan karena mereka rentan terpapar Covid-19," ucapnya, Minggu (26/9/2021). 

Berdasarkan laporan harian vaksinasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, prosentase capaian vaksinasi dosis I sebesar 71,81 persen dari total 342.720 target sasaran.

Kemudian dosis II 37,18 persen dan dosis III bagi tenaga kesehatan (nakes) 0,74 persen. (scp)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved