Breaking News:

Tunggu Hasil Uji Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 5-11 Tahun, Ini Pesan Dokter untuk Orangtua

Uji coba itu masih memasuki fase 2/3. Adapun dosis yang diberikan adalah 10 mikrogram atau 1/3 lebih kecil dari dosis orang dewasa yang mencapai

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
Ilustrasi penyuntikan vaksin 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wacana vaksinasi Covid-19 untuk anak di bawah 12 tahun mulai digulirkan secara global.

Pfizer dan BioNTech, salah satu perusahaan pembuat vaksin Covid-19, melalui laman resminya di pfizer.com sudah merilis pernyataan bahwa pihaknya sedang menguji coba penyuntikan vaksin untuk anak berusia 5-11 tahun.

Uji coba itu masih memasuki fase 2/3. Adapun dosis yang diberikan adalah 10 mikrogram atau 1/3 lebih kecil dari dosis orang dewasa yang mencapai 30 mikrogram.

Baca juga: PTM di DI Yogyakarta Dimulai, Sekolah dan Keluarga Harus Bersama Jaga Anak Terhindar dari Covid-19

Pengujian Fase 2/3 dilakukan kepada 2.268 anak yang diberikan dua dosis 10 mikrogram dengan rentang waktu selama 21 hari. Dari hasil uji, Pfizer dan BioNTech melihat adanya respons yang baik.

Respons antibodi pada peserta yang diberi dosis 10 mikrogram sebanding dengan yang tercatat dalam penelitian Pfizer dan BioNTech sebelumnya pada orang berusia 16 hingga 25 tahun yang diimunisasi dengan dosis 30 mikrogram.

Dosis 10 g dipilih dengan hati-hati sebagai dosis yang aman, dapat ditoleransi dan menimbulkan imunogenisitas pada anak-anak usia 5 sampai 11 tahun.

Menanggapi hal tersebut, Dokter Spesialis Anak, dr FX Wikan Indrarto mengatakan, uji coba sekaligus wacana pemberian vaksin Covid-19 untuk anak di bawah usia 12 tahun adalah hal yang menggembirakan.

“Kita bisa tunggu hasil penelitian tersebut. Semoga segera dapat dipublikasikan,” ungkapnya kepada Tribun Jogja, Sabtu (25/9/2021).

Dia mengatakan, penelitian vaksin Covid-19 harus lengkap dan sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved