Tinjau Vaksinasi Santri di Klaten, Menko Airlangga: 125 Juta Warga Indonesia Sudah Divaksin

Sebanyak 125 juta warga Indonesia telah menerima suntikan vaksin Covid-19 untuk dosis pertama. Vaksinasi terus dikebut oleh Pemerintah

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) saat ditemui di Ponpes Al Manshurin Desa Pandeyan, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (24/9/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 125 juta warga Indonesia telah menerima suntikan vaksin Covid-19 untuk dosis pertama.

Vaksinasi terus dikebut oleh Pemerintah Indonesia agar memunculkan kekebalan kelompok di kalangan masyarakat.

Hal itu diungkap oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi santri di Ponpes Al Manshurin, Desa Pandeyan, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Warga Sleman Hilang di Gunung Merapi, Dukuh: Keluarga Berharap Bisa Ditemukan 

"Secara nasional lebih dari 125 warga telah divaksin dosis pertama dan terlihat angka positivity rate secara nasional di bawah angka standar WHO, di bawah 5 persen," ujarnya saat TribunJogja.com temui seusai meninjau vaksinasi tersebut.

Menurut Airlangga, kasus aktif Covid-19 di Indonesia saat ini berada di angka 50 ribuan dan kasus penambahan harian di bawah 5 ribu.

Disamping itu, Airlangga juga mengapresiasi capaian vaksin di Kabupaten Klaten yang telah mencapai angka 49 persen.

Apalagi, angka tersebut termasuk tertinggi di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

"Kami juga menantang Pemda untuk meningkatkan vaksinasi. Tentunya ini capaian yang baik. Klaten sudah di level 3, kalau bisa vaksin terus dilakukan secara masif," jelasnya.

Sementara itu, ratusan santri pondok pesantren Al Manshurin dan warga Desa Pandeyan, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menjalani vaksinasi Covid-19.

Pelaksanaan vaksin ditinjau langsung oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang datang bersama rombongan.

Ketua Panitia Vaksin Santri Al Manshurin, Muhammad Mukhlis mengatakan jika sebanyak 150 santri dari pondok pesantren tersebut mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Kuota kita ada 150 santri yang akan divaksin hari ini. Awalnya hanya untuk santri tapi karena warga sekitar juga ingin vaksin jadinkita dikasih oleh dinas 300 dosis dan itu juga untuk warga," ujarnya.

Menurutnya, dari awalnya yang kuota vaksin sekitar 300 dosis, dinas terkait menambah kuita lagi sebanyal 100 dosis sehingga total pada Jumat ini sebanyak 400 dosis vaksin akan diberikan ke santri dan warga.

"Untuk santri 150 orang, dan sisanya warga desa sini yang ingin mendapatkan vaksinasi," jelasnya.

Baca juga: Hubungan Semakin Memanas, 24 Pesawat Pembebasan Tentara Rakyat China Masuki Wilayah Taiwan

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved