Breaking News:

Pemkab Klaten Targetkan 70 Persen Warga Sudah Tervaksin Akhir Oktober 2021, Ini Alasannya

Hingga saat ini, sebanyak 45,6 persen warga dari total 1.006.650 warga Klaten telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUN JOGJA / ALMURFI SYOFYAN
Sejumlah warga saat mengikuti program vaksin Covid-19 di Klaten beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menargetkan 70 persen warganya sudah tervaksin pada akhir Oktober 2021 mendatang.

Hingga saat ini, sebanyak 45,6 persen warga dari total 1.006.650 warga telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

"Ini tadi Ibu Bupati juga menargetkan jika capaian 70 persen warga sudah divaksin pada akhir Oktober 2021," ujar Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito, saat ditemui TribunJogja.com di ruang kerjanya, Selasa (21/9/2021).

Diakui Ronny, target 70 persen warga mendapat suntikan vaksin tersebut sebagai upaya untuk memunculkan kekebalan kelompok atau herd immunity di daerah itu.

Selain itu, juga menjadi satu dari beberapa indikator  agar pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun dari level 3 ke level 2.

"Kita masih PPKM Level 3. Untuk turun ke level 2 ada beberapa indikator yang perlu dipenuhi, salah satunya harus vaksin warga minimal 50 persen dosis pertama. Selain itu lansia harus juga vaksin sebanyak 40 persen dari total target. Tapi untuk lansia kita sudah 48 persen lansia dari target vaksin," ucapnya.

Ronny berharap, target capaian vaksin pada angka 70 persen itu bisa terlaksana dan distribusi vaksin dari provinsi maupun pusat juga tetap lancar.

"Mudah-mudahan kita tidak terkendala dropping vaksin. Kemarin antusias warga untuk ikuti vaksin juga sudah bagus dan animonya bagus," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten Anggit Budiarto mengatakan capaian vaksin Covid-19 di Klaten termasuk tinggi bila dibandingkan dengan kabupaten lainnya yang berada di Provinsi Jawa Tengah.

"Capaian vaksin kita secara real untuk dosis satu ada 45,6 persen. Kalau dosis dua 18 persen. Jadi dari 35 kabupaten kota di Jawa Tengah kita masuk tinggi," ucapnya saat TribunJogja.com temui di Setda Klaten, Selasa (21/9/2021).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved