Breaking News:

Mal di Kota Yogyakarta Diizinkan Terima Kunjungan Anak-anak di Bawah Usia 12 Tahun

Untuk wilayah DIY uji coba mal diizinkan menerima anak di bawah usia 12 tahun hanya berlaku di mal yang ada di Kota Yogyakarta.

Tribun Jogja/ Yuwantoro Winduajie
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Selasa (21/9/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Anak-anak di bawah usia 12 tahun diizinkan untuk beraktivitas di pusat perbelanjaan atau mal dalam perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang berlaku pada 21 September sampai 4 Oktober 2021 mendatang.

Kebijakan ini akan diuji coba di beberapa daerah salah satunya adalah provinsi DI Yogyakarta.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menuturkan untuk DIY uji coba tersebut hanya berlaku di mal yang ada di Kota Yogyakarta.

Seperti Malioboro Mall, Galeria Mall, Jogjatronik, hingga Lippo Plaza Jogja.

"Perbedaannya sekarang itu mal yang ada di kota (Yogya) anak 12 tahun kebawah boleh masuk. (Mal) yang di Sleman belum," terang Aji saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Selasa (21/9/2021).

Aji menjelaskan, Kementerian Kesehatan memiliki alasan tersendiri mengapa baru wilayah Kota Yogyakarta saja yang diizinkan menggelar uji coba.

Hal itu lantaran mal-mal yang ada di wilayah Kota Yogyakarta sudah dianggap lebih aman dibandingkan tempat lain.

"Kan dengan diputuskan itu sudah dilakukan perhitungan.  Waktu PPKM Level 3 kemarin kan sudah ada uji coba dan survei di mal yang ada di DIY. Nah menurut Kemenkes penyelenggaraan di kota itu sudah aman sehingga itu sudah bisa menerima di bawah 12 tahun," jelas Aji.

Aji mengingatkan kepada orangtua untuk mengutamakan protokol kesehatan saat mengajak anaknya ke mal. 

Sebab, anak-anak merupakan salah satu kelompok rentan tertular Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved