Breaking News:

Aturan PPKM Dilonggarkan, Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal di Kota Yogyakarta 

Selaras Instruksi Mendagri No. 43 Tahun 2021, anak di bawah 12 tahun kini diperbolehkan masuk mal dengan pendampingan orangtua. 

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Muhammad Fatoni
Istimewa
Dalam mendukung program pemerintah untuk menekan angka penyebaran COVID-19, Manajemen Galeria Mall mewajibkan setiap pengunjung yang akan memasuki area Galeria Mall untuk mengikuti prosedur yang sudah ditentukan. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyambut baik pelonggaran aktivitas pusat perbelanjaan atau mall di wilayahnya.

Selaras Instruksi Mendagri No. 43 Tahun 2021, anak di bawah 12 tahun kini diperbolehkan masuk mal dengan pendampingan orangtua. 

Kota Yogyakarta sendiri menjadi salah satu daerah yang diizinkan menerapkan kelonggaran tersebut, bersama DKI Jakarta, Kota Bandung, serta Kota Surabaya.

Namun, untuk jam operasionalnya, tetap dibatasi sampai pukul 21.00 WIB, dengan batas maksimal 50 persen pengunjung. 

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, berharap kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah pusat itu dapat menggeliatkan perekonomian daerahnya.

Terlebih, ia mengatakan, bahwa kota pelajar memang layak memperoleh kelonggaran ini. 

Hal tersebut, bisa diukur dari tingginya tingkat kepatuhan protokol kesehatan pelaku usaha dan warga kala mengakses ruang-ruang publik, di masa PPKM level 3.

Sehingga, meski DIY tak kunjung turun ke level 2, kelonggaran tetap layak didapat, terutama di wilayah Kota Yogyakarta. 

"Sejatinya, asosiasi pusat perbelanjaan sudah melakukan upaya-upaya di Kota Yogyakarta. Prokesnya sudah bagus ya, dari laporan Kementerian Perdagangan itu sudah di atas 95 persen tingkat kepatuhan, serta kelengkapan fasilitas prokesnya," ungkap Heroe, Selasa (21/9/2021). 

Akan tetapi, Wakil Wali Kota Yogyakarta itu menuturkan, pengelola pusat perbelanjaan, maupun masyarakat, harus menyikapi kelonggaran secara bijaksana.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved