Breaking News:

Kisah Melinda Gates Bertemu Adi Utarini Hingga Sang Profesor Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh

Setelah bos Microsoft, Bill Gates berkunjung ke Yogyakarta, Melinda Gates pun tak mau ketinggalan untuk mengikuti jejaknya.

Editor: ribut raharjo
Facebook/ Melinda Gates
Melinda Gates saat mengunjungi Eliminate Dengue Lab di Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah bos Microsoft, Bill Gates berkunjung ke Yogyakarta, sang istri (sebelum berpisah), Melinda Gates pun tak mau ketinggalan.

Pada medio Maret 2017, filantropis kenamaan ini datang ke Yogyakarta dan mengikuti jejak Bill Gates mengunjungi Eliminate Dengue Lab.

Saat itu dia mempelajari pencegahan demam berdarah dengue atau DBD, menggunakan bakteri yang bernama Wolbachia. Saat itu, dia optimistis masa depan Indonesia dengan keberadaan laboratorium ini.

Membuktikan keseriusannya dalam mendukung program pencegahan demam berdarah, dia rela digigit oleh nyamuk berbakteri Wolbachia. Melinda juga mengunjungi rumah warga yang telah dipasang perangkap nyamuk.

"Kami menyusuri Yogyakarta untuk melihat perangkap nyamuk di sebuah rumah. Peneliti menggunakan nyamuk tangkapan untuk mengukur tingkat sebaran bakteri Wolbachia. Setiap nyamuk yang sudah terinfeksi dengan bakteri mengurangi ancaman dengue," ujarnya kala itu.

Saat melihat sebuah mural bergambar nyamuk dengan kalimat 'Wolbachia melu cegah DBD', Melinda mengaku terkesima. Ia meyakini, proyek ini dapat menumbuhkan generasi yang bebas dari penyakit yang ditularkan serangga.

Melinda Gates saat mengunjungi Eliminate Dengue Lab di Yogyakarta
Melinda Gates saat mengunjungi Eliminate Dengue Lab di Yogyakarta (Facebook/ Melinda Gates)

Sebelumnya, Bill Gates juga datang ke Yogyakarta untuk melihat Eliminate Dengue Lab. Saat itu, ia juga rela ‘menyumbangkan darahnya’ untuk dihisap ratusan nyamuk.

Seperti dikutip dari catatan Bill Gates di laman Gates Notes, ia tertarik dengan penelitian para ilmuwan ini karena dapat mencegah DBD yang telah menyebar di negara tropis secara dramatis.

Bakteri Wolbachia tidak berbahaya bagi tubuh manusia dan dapat mencegah penyebaran dengue oleh nyamuk. Namun sayangnya, Aedes Aegepty si pembawa DBD tidak secara alami mengandungnya.

Oleh karena itu, upaya penyuntikan harus dilakukan manusia untuk memasukkan bakteri tersebut ke nyamuk. Kala datang ke Yogyakarta bahkan Bill Gates juga berkesempatan menyebarkan puluhan nyamuk mengandung Wolbachia ke alam liar.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved