Breaking News:

Jawa

19 Penyandang Disabilitas Fisik di Kota Magelang Dapat Bantuan Kemensos

Sebanyak 19 penyandang disabilitas fisik Kota Magelang menerima bantuan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dari Kemensos.

Dokumentasi Pemkot Magelang
Pemberian bantuan kemensos secara simbolis kepada penyandang disabilitas di Kota Magelang, Senin (20/09/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Sebanyak 19 penyandang disabilitas fisik Kota Magelang menerima bantuan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dari Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof. Dr. Soeharso Surakarta.

ATENSI merupakan layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas atau residensial. 

Bantuan program ATENSI yang diberikan terdiri dari bantuan kewirausahaan kepada 13 orang, bantuan aksesibilitas kepada 4 orang, dan layanan residensial kepada 2 orang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang Bambang Nuryanta memaparkan, bantuan kewirausahaan yang diberikan antara lain untuk kerajinan tangan, warung kelontong, usaha tata boga, usaha menjahit, usaha laundry, usaha sablon, usaha pijat urut, dan ternak ayam.

Baca juga: Memberdayakan Warga Disabilitas Psikososial Melalui Ternak Lele

"Untuk bantuan aksesibilitas berupa alat bantu brace dan kursi roda. Sedangkan layanan residensial merupakan layanan rehabilitasi sosial di dalam balai dalam kurun waktu tertentu sesuai kebutuhan," terangnya, Senin (20/9/2021)

Bambang melanjutkan, program ATENSI merupakan wujud kehadiran pemerintah pusat melalui Kemensos dalam memberikan layanan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) khususnya penyandang disabilitas fisik.

Menurutnya, di era pandemi Covid-19, pemerintah selalu hadir memberikan dorongan melalui berbagai program dan pendekatan dalam membantu masyarakat kelompok rentan agar tetap bangkit untuk mandiri dan berkarya.

Adapun program ATENSI yang dilaksanakan di Kota Magelang adalah tindak lanjut layanan asesmen ATENSI yang dilaksanakan pada tahun 2020.

"Layanan ini sebagai program yang berkesinambungan, kolaborasi pemerintah pusat dan daerah dalam memberikan layanan bagi penyandang disabilitas fisik," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved