Breaking News:

Berita Kesehatan

Kapan Waktu yang Tepat Berhubungan Intim Lagi Pascamelahirkan? Simak Penjelasan Berikut

Penulis penelitian menduga bahwa jadwal enam minggu menjadi standar karena bertepatan dengan pemeriksaan pascapersalinan yang khas

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
net
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Kapankah waktu yang tepat berhubungan intim kembali setelah melahirkan? Pemahaman umum biasanya mengatakan bahwa pasangan harus menunggu sampai enam minggu setelah kelahiran bayi. Akan tetapi penelitian baru mengatakan, tidak ada waktu yang 'tepat' secara spesifik yang bisa diaplikasikan untuk semua orang.

Pengalaman pascapersalinan setiap wanita berbeda.

Contohnya untuk seorang wanita yang menjalani kelahiran yang sangat sulit hingga membutuhkan jahitan mungkin berpikir enam minggu itu terlalu cepat.

Tetapi seorang wanita yang melahirkan dengan lancar mungkin akan merasakan kembali cinta hanya dalam beberapa minggu.

"Garis waktu enam minggu sudah mapan, tetapi kami tidak dapat menemukan bukti untuk mendukungnya," kata penulis utama studi tersebut, Andrea DeMaria. Dia adalah asisten profesor di Purdue University College of Health and Human Sciences di Lafayette, Ind.

Baca juga: Penjelasan Hubungan Intim yang Aman Saat Hamil Trisemester Pertama hingga Ketiga

Penulis penelitian menduga bahwa jadwal enam minggu menjadi standar karena bertepatan dengan pemeriksaan pascapersalinan yang khas.

Tetapi American College of Obstetricians and Gynecologists, bersama dengan kelompok perawatan kesehatan wanita lainnya, baru-baru ini memperbarui pedoman perawatan pascapersalinan.

Kelompok tersebut merekomendasikan agar wanita diperiksa dalam waktu tiga minggu setelah melahirkan, dengan janji tindak lanjut sebelum 12 minggu setelah kelahiran.

Untuk penelitian ini, para peneliti bertanya kepada 70 wanita Carolina Selatan tentang masalah yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi.

DeMaria mengatakan sejumlah faktor menghalangi wanita untuk melanjutkan hubungan intim.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved